Sorong, Semarak.News – Dalam rangka meningkatkan keselamatan kerja dan kesehatan (K3), seluruh pegawai PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sorong bersama sejumlah mitra kerja menggelar apel kesiap siagaan di lapangan kantor PLN Sorong, Papua Barat, Rabu (13/2).

PLH. Manager PLN UP 3 Sorong, Joni Budiman Laos yang membacakan sambutan tertulis Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah, mengatakan bahwa tenaga kerja perlu melakukan lompatan dan terobosan dengan inovasi-inovasi baru, agar pelaksanaan K3 dapat terus diperkuat ditengah gerak perubahan masyarakat dan revolusi industri yang kian melesat.

Ia mengungkapkan telah terjadi 157.313 kasus kecelakaan kerja di 2018, dan sepanjang Januari hingga September 2019 terdapat 130.923 kasus. Hal ini menunjukkan terjadinya penurunan kasus kecelakaan kerja sebesar 26,40 persen.

Meski demikian, lanjut dia, tantangan serius yang dihadapi yakni sebanyak 57,5 persen dari 126,51 juta total penduduk bekerja berpendidikan rendah.

Menaker menyebut kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.Kecelakaan kerja juga mempengaruhi indeks pembangunan manusia (IPM) dan indeks pembangunan ketenagakerjaan (IPK).

Menaker menegaskan K3 bukan hanya tanggung jawab para pengusaha dan pemerintah pusat. Menurutnya, serikat pekerja atau buruh juga wajib memberi perhatian dan mendorong agar K3 dapat dijalankan secara efektif.

Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang mengusung tema, optimalisasi kemandirian masyarakat berbudaya K3 para era revolusi industri 4.0 berbasis teknologi informasi.

Plh PLN UP3 Sorong, Joni menambahkan dalam revolusi industri 4.0, seluruh pegawai PLN dan tenaga kerja mitra PLN diharapkan melek teknologi dengan masuknya industri 4.0 yang berbasis digitalisasi dan kecerdasan buatan.

“Sekarang semuanya berbasis digital, kalau tidak dilaporkan secara digital berarti dianggap tidak optimal dan bekerja.Oleh karena itu, diharapkan semuanya dapat sedikit demi sedikir beradaptasi dengan perubahan di era 4.0 ini,” terang Joni melalui press release yang diteerima media ini, Rabu (12/2).

Peringatan bulan K3 di PLN Area Sorong juga dilakukan penandatanganan komitmen jajaran manajer PLN UP 3 Sorong, penandantanganan PLN dengan mitra kerja untuk K3, dilanjutkan pemberian piagam penghargaan dari PLN kepada mitra kerja dan peninjauan peralatan kerja dan peralatan kesehatan.

Pada kesempatan tersebut juga dimeriahkan dengan aksi lomba yel-yel yang diikuti oleh pekerja dari mitra kerja PLN.

Usai gelar kesiap siagaan, sejumlah pekerja dan pegawai PLN mengikuti sosialisasi dan edukasi terkait keselamatan dan kesehatan kerja oleh perwakilan Dinas Ketenagakerjaan dan Dinas Kesehatan Kota Sorong.

Sumber: https://papuabaratpos.com/pln-sorong-siap-siagakan-tenaga-kerja-di-bulan-k3/

LEAVE A REPLY