Jakarta, Semarak.News – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi penyaluran 200 paket sembako kepada warga asal Papua di Jakarta.

Penyaluran bantuan tersebut berasal dari program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) melalui agregator BAZNAS BAZIS DKI Jakarta.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengungkapkan bantuan tersebut diserahkan kepada Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Puncak (IPMAP) untuk disalurkan kepaza warga Papua dari berbagai kabupaten, seperti Kabupaten Tolikara, Yahukimo, Puncak Jaya, Puncak Ilaga, dan Pegunungan Bintang.

Penyaluran bantuan diberikan secara simbolis kepada Sekretaris IPMAP Natan Hanimbo yang turut disaksikan oleh Ketua BAZNAS BAZIS DKI Jakarta KH. Ahmad Luthfi Fathullah,di Jalan Jagakarsa, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Minggu (31/5/2020).

Hadir dalam kesempatan penyaluran bansos tersebut, Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali; Camat Jagakarsa, Alamsah; dan perwakilan mahasiswa dari berbagai kabupaten di Papua yang tinggal di Jakarta.

Dalam sambutannya, Ariza menjelaskan, Jakarta sebagai sebuah Ibu Kota negara dan tempat berkumpulnya (melting pot) keberagaman, memiliki kewajiban untuk melindungi dan memperlakukan secara adil setiap warga di dalamnya, termasuk para pelajar dan mahasiswa.

“Hari ini kami menyampaikan bantuan sembako kepada rekan-rekan mahasiswa pelajar dan mahasiswa Papua yang ada di Jakarta,” ungkap Ariza dalam siaran tertulis pada Minggu (31/5/2020).

“Tugas kita semua membantu saudara kita dari Aceh sampai Papua. Apalagi mahasiswa adalah tulang punggung penerus bangsa yang diharapkan kelak jadi pemimpin,” jelasnya.

Ariza menambahkan, melalui Program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) ini, Pemprov DKI Jakarta menyalurkan setiap bantuan dari pihak ketiga, baik dari dunia usaha ataupun komunitas masyarakat.

Tujuannya agar dapat bersama membantu meringankan persoalan sosial-ekonomi masyarakat yang terdampak COVID-19.

“Di antaranya, seperti hari ini, melalui agregator BAZNAS BAZIS DKI Jakarta, yang meringankan beban sosial-ekonomi warga di DKI Jakarta selama Program KSBB. BAZNAS ini setiap tahun, setiap bulan, setiap hari tugasnya mengumpulkan dan menyalurkan untuk kegiatan sosial keagamaan kemasyarakatan,” ungkap Ariza.

“Tanpa pernah membedakan, siapa saja yang membutuhkan sesuai kebutuhan mendasarnya. Kami dari Pemprov dan BAZNAS sejauh memungkinkan, kami akan bantu,” jelasnya.

Sumber: https://wartakota.tribunnews.com/2020/05/31/gandeng-mahasiswa-papua-di-ibu-kota-pemprov-dki-kirim-bantuan-untuk-warga-di-pendalaman-papua

LEAVE A REPLY