Ternate, Semarak.news – Kemajuan bidang industri dan perdagangan tiap daerah akan berkembang tegak lurus dengan perkembangan industri dan perdagangan Indonesia. Ditengah perkembangan tersebut tentulah instansi terkait harus dapat memilih secara selektif akan pelaksanaan dan penertiban kebijakan yang dilakukan agar dapat membangun daerah melalui sektor industri dan pedagangan sendiri yang tentunya berdasarkan pertimbangan yang matang, dan tidak merugikan berbagai pihak. Begitulah yang menjadi gambaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate sekarang, yang terus selektif dalam membantu pemerintah kota membangun daerahnya melalui bidang Perdagangan, bidang Perindustrian dan bidang Pengelolaan pasar sesuai arahan pimpinan dan bantuan perda yang ada.

 

Diminggu ini pertimbangan tersebut pun kembali diuji dengan adanya surat pengajuan pembangunan jaringan toko modern Alfamidi di 20 titik di ternate, dengan satu surat konsep sudah ada pada Disperindag. Melalui Kabid Perdagangan Disperindag Kota Ternate, H. Chairul Saleh Arif, S.T., M.M., mengatakan Disperindag melakukan pertimbangan terhadap dampak yang akan terjadi kedepannya. Jika dilihat dari perkembangan perdagangan, pembangunan toko modern seperti Alfamidi memang sudah menjadi tuntutan karena dapat menuai banyak manfaat seperti, pengontrol harga pasar, sebagai pemasukan kas bagi daerah, dan sebagai penyerap tenaga kerja dari masyarakat ternate sendiri, namun jika dilihat dari sisi lainnya kemungkinan pelemahan kios kecil masyarakat menjadi sangat rawan dan dengan percontohan pertokoan modren seperti di Jawa yang memiliki beragam jenis dengan jarak yang tidak teratur tentunya akan sangat menganggu lingkungan perdagangan di lingkungan masyarakat dengan pedagang tradisional. Tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan adanya Peraturan daerah (Perda) tentang penataan dan penertiban perdagangan yang nantinya akan disahkan dan diterbitkan, sehingga dapat membantu mengontrol pemusatan perdagangan di pasar tradisional dan pengaturan tentang pembangunan toko modern di Ternate.

 

Namun kembali lagi kepada tujuan utama dari Disperindag sendiri yang merupakan pembantu pemerintah daerah/kota dalam urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah di bidang Perdagangan, bidang Perindustrian dan bidang Pengelolaan pasar yang tetap berpedoman kepada pimpinan yang berada didaerah tersebut. [Putra]

LEAVE A REPLY