Aimas, Semarak.News – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sorong, Subur S.Si.T menyerahkan 10 sertifikat tanah milik pemerintah daerah Kabupaten Sorong kepada Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru,SH, M.Si di kediaman Bupati Sorong, Senin (29/6).

Bupati Sorong menyampaikan terima kasih atau bantuan BPN yang telah membantu pemerintah dalam hal penyelesaian masalah aset melalui legalitas hukum. Karena menurutnya, masalah aset perlu ada legalitas dan sertifikat merupakan kepastian hukum.

“Terima kasih untuk BPN yang telah membantu, karena sertifikat itu merupakan kepastian hukum,” ucapnya.

Meski diakui Bupati Sorong, selama ini persoalan aset masih cukup banyak yang belum terselesaikan. Sehingga, ia meminta untuk Kabid Aset di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk menyelesaikan permasalahan aset tersebut.

“Ke depan juga memerlukan ruang hijau sesuai dengan RT RW, tapi jangan sampai membangun tanpa melihat ruang yang ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPN Kabupaten Sorong menyampaikan, 10 sertifikat yang diberikan tersebut merupakan sebagian dari 33 sertifikat yang akan diserahkan. Karena menurutnya di tahun 2020 telah terdata 33 aset dan telah diselesaikan. “Masih cukup banyak, karena tahun ini kami baru mendata 33 aset yang kami prioritaskan dan telah diselesaikan,” ungkapnya.

Beberapa aset lainnya masih belum diselesaikan, dikarenakan berkas yang belum lengkap ataupun selisih di lapangan yang masih harus diselesaikan. Adapun aset yang telah bersertifikat namun disertifikatkan kembali, disebabkan aset tersebut telah dilakukan proses ganti rugi oleh pemerintah daerah.

“Ada bidang tanah yang belum disertifikatkan karena milik Pemerintah Daerah, ada yang sudah bersertifikat namun sudah dilalui proses ganti rugi. Sehingga kami membantu permerintah daerah untuk sertifikat,” ucapnya.

10 sertifikat yang diserahkan diantaranya Sekolah Dasar (SD) Inpres 120 di Ninjemur, Balai Kampung Klasmelek, SD Inpres 46 Malaos, SD Inpres 77 Majener, SD Inpres 41 Klasari, kantor distrik Sorong Kelurahan Maibo, kantor dinas peternakan dan kesehatan hewan di Makotyamsa dan Mariyai, SD Inpres 54 Makbusun dan SD Inpres 12 Malawili.

Sumber: https://www.radarsorongnews.com/2020/06/30/10-sertifikat-milik-pemkab-sorong-diserahkan/

LEAVE A REPLY