Jakarta, Semarak.News – Indonesia Timur akan menjadi perluasan wilayah baru operator Tri Indonesia di tahun 2020. Sejauh ini Tri memang belum seluruhnya menjangkau Indonesia bagian timur. Hanya beberapa bagian wilayah saja.

Namun di tahun 2020 ini, mereka bertekad untuk bisa menjangkau 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

“Kami sudah siap dan rencana ke sana (Indonesia Timur-red). Dari awal tahun ini sudah siap. Dan mudah-mudahan sudah bisa diimplementasikan tahun ini juga,” ungkap Chief Technical Officer Tri Indonesia, Desmond Cheung di Jakarta, Rabu (12/2).

Lebih jauh, Dolly Susanto, Chief Commercial Officer Tri Indonesia mengatakan, untuk kota-kota di Indonesia Timur yang mana saja, dirinya belum bisa menjelaskan secara rinci. Hal itu masih dalam tahap pengkajian.

“Yang jelas wilayah Papua. Papuanya di kota atau kabupaten mana, itu masih dikaji terlebih dahulu,” kata Dolly.

Menurutnya, rencana ekspansi jaringan Tri Indonesia ke wilayah Timur dilatarbelakangi oleh kesiapan Palapa Ring Timur. Dengan selesainya, jaringan fiber optic tulang punggung infrastruktur internet itu, memudahkan pihaknya untuk segera masuk ke wilayah Indonesia Timur.

Peningkatan Kecepatan Internet

Tri Indonesia mengklaim telah meningkatkan jaringan internetnya sepanjang tahun 2019. Tak tanggung-tanggung, mereka menyebut koneksi internet berjalan 8 kali lebih cepat dibandingkan 4G pertama kali diperkenalkannya pada medio 2016.

“Selain peningkatan kecepatan, pada tahun 2019, 3 juga sudah memperluas jaringan andalnya dengan membangun lebih dari 9.000 Base Transceiver Station (BTS) yang tersebar di wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi,” kata Chief Technical Officer Tri Indonesia, Desmond Cheung di Jakarta, Rabu (12/2).

Lebih jauh, kata Desmond, telah menggunakan teknologi 4,5G Pro terkini yaitu Massive MIMO 32T32R. Perangkat yang terhubung pada teknologi tersebut juga sudah siap untuk penerapan 5G. Saat ini, jaringan Tri Indonesia sudah mampu menjangkau 200 juta pengguna di 300 kabupaten, 3.000 kecamatan, dan 33.000 desa di seluruh Indonesia.

“Jaringan terbaru kami tidak hanya lebih cepat dan lebih luas tetapi juga lebih andal. Jaringan 3 kini memiliki kecepatan hingga 8x lebih cepat dan mampu menjangkau 200 juta pengguna,” jelas dia.

Sumber: https://www.merdeka.com/teknologi/tahun-ini-operator-tri-rencanakan-masuk-wilayah-papua.html

LEAVE A REPLY