Bupati Maybrat Launching Dimulainya Pengisian Sensus Penduduk Online

Bupati Maybrat Launching Dimulainya Pengisian Sensus Penduduk Online

0
37

Kumurkek, Semarak.News – Bupati Maybrat, Drs. Bernard Sagrim, MM melaunching dimulainya pegisian Sensus Penduduk secara Online bersama Muspida dan ASN dilingkup Pemkab Maybrat di kampung Sune distrik Aifat Rabu, (26/2).

Bupati yang diwawancarai awak media mengharapkan masyarakat di kabupaten Maybrat dapat berpartisipasi, kalau yang belum masif menggunakan sistem online berarti pakai yang  manual.  “Mulai hari ini, kita mencanangkan, kita harapkan setiap minggu kita lakukan evaluasi dengan kepala BPS kabupaten Sorong Selatan agar progresnya sudah mencapai berapa ,sebab dan pihak BPS akan mengambil sampel sekitar seribu KK untuk memcapai waktu yang ditntukan itu,”ujar bupati.

Data penduduk ini, menurut bupati, sangat bermanfat bagi kebijakan anggaran, pembangunan dan lainnya secara berjenjang baik tingkat nasional, provinsi dan daerah. Sebab lanjut dia, data ini sampai kepada data tunggal untuk kebijakan pendidikan, kesehatan, ekonomi, pengembangan wilayah dan lainya.

Kepala BPS Kabupaten Sorong Selatan, Ratna MH Gusti, SE, MP mengutarakan sensus penduduk di tahun ini  menggunakan dua cara yaitu secara online dari 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020 dan sensus wawancara sekitar 1-31 Juli 2020. Terkait dengan sensus online akan dilakukan selama dua bulan itu.

“Kita di Maybrat memang terkendala terkait jaringan sehingga akan sensusnya bisa kami lakukan wawancara di bulan Juli nanti. Kita berharap SP 2020 ini, sukses di kabupaten Maybrat, hal ini sangat memudahkan kepada warga untuk mengisi sendiri secara mandiri data-data kependudukannya. Jadi, waktu mereka yang atur, kapan saja mereka mengisi ketika jaringan itu ada. Bila ke Sorong, membawa kartu keluarga (KK) bisa mengisi disana. Sedangkan sensus wawancara, kami yang mengatur waktunya, kapan ke kampung tertentu dan lainnya,”ujarnya.

Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat agar bisa  mengisi sensus penduduk secara online sedangkan sensus penduduk secara manual, nanti BPS  akan tempatkan tim sekitar 100 orang tenaga untuk mendata.

Sumber: https://papuabaratpos.com/bupati-maybrat-lunching-pengisian-sensus-penduduk-secara-online/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY