BPS dan Pemkab Raja Ampat Gelar Rakor Sensus Penduduk Berbasis Online

BPS dan Pemkab Raja Ampat Gelar Rakor Sensus Penduduk Berbasis Online

0
4
Rapat Koordinasi BPS Raja Ampat dan Pemkab Raja Ampat, dalam rangka sosialisasi Sensus Penduduk Berbasis Online di Kabupaten Raja Ampat Tahun 2020.

Waisai, Semarak.News – Badan Pusat Statistik Menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Raja Ampat (R4) dalam rangka Sosialisasi Sensus Penduduk Berbasis Online Tahun 2020. Berlansung di Auditorium Wayag Kantor Bupati Raja Ampat, Kamis (06/02).

Dalam sambutan Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati, yang diwakili Sekda Raja Ampat Dr. Yusuf Salim, M.Si, menyatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik. Serta rekomendasi PBB mengenai Sensus Penduduk dan Perumahan Tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) akan melaksanakan Sensus Penduduk 2020 (SP2O2O).

“SP2020 ini merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan lengkap seluruh penduduk Indonesia yang ketujuh sejak tahun 1961, yang bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran dan karakteristik penduduk Indonesia, sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah,” terangnya

Dijelaskan,  sensus penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode, periode pertama adalah Sensus Penduduk Online, yaitu seluruh penduduk Indonesia dapat secara aktif mengisikan data kependudukannya secara mandiri melalui halaman website sensus.bps.go.id pada 15 Februari s/d. 31 Maret 2020.

“Kami harapkan Bapak/lbu sekalian dapat berperan dalam mengikuti Sensus Penduduk Online (SPO) serta dapat membantu menyebarkan dan mengajak staf pegawai untuk aktif mengisi Sensus Penduduk Online,”ajaknya

Selanjutnya, periode yang kedua yaitu kegiatan verifikasi dan pencacahan Iapangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 s/d. 31 Juli 2020. Sebelum dilakukan pencacahan Iapangan akan dilakukan verifikasi Iapangan. Kegiatan Sensus Penduduk 2020 ini sangat penting. Peran serta hadirin semua merupakan kunci kesuksesan SP2020 di wilayah kita ini.

“Dengan mengetahui jumlah penduduk suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, pendidikan yang ditamatkan, maka pemerintah baik Pusat maupun Daerah bisa memperoleh gambaran tentang kebutuhan suatu wilayah.Setelah hasil akhir SP2020 ini keluar, data hasil tersebut dapat digunakan oleh Bapak/lbu sebagai dasar perencanaan pembangunan dalam menentukan kebijakan serta keputusan yang Iebih tepat sasaran untuk diimplementasi kepada masyarakat,”tuturnya.

Usai menggelar Rakor, dilanjutkan dengan pembuatan video testimoni bersama yang dilakukan di depan kantor Bupati oleh pimpinan BPS Audy Valentino, Asisten I Muhiddin Umalelen, Asisten III Yulianus Mambraku, sejumlah Pimpinan OPD, Wakapolres Raja Ampat, Kompol Muhammad Noer, yang dipimpin Sekda Raja Ampat Dr. Yusuf Salim. Dalam testimony, mengajak seluruh masyarakat Raja Ampat untuk berpartisipasi dalam sensus penduduk 2020.

Sumber: https://www.radarsorongnews.com/2020/02/07/gelar-rakor-sensus-penduduk-berbasis-online/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY