Sorong, Semarak.News – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Sorong tahun 2020 sebesar Rp 1. 270.000.000.000 akan difokuskan untuk kegiatan pembangunan fisik di Kota Sorong.

Ketua DPRD Kota Sorong, Petronela Kambuaya, SPd., M.Pd mengatakan, dana tersebut tentunya akan dibagikan ke organisasi perangkat daerah (OPD) untuk dikelolah sesuai dengan bidang tugas masing-masing OPD.

“Dana itu tidak hanya difokuskan kepada satu dinas saja, namun akan dibagi-bagi sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing OPD,” ungkap Petronela, saat ditemui di halaman Kantor Dinas Perindustrian Kota Sorong, belum lama ini.

Dikatakanya, OPD yang paling banyak mendapatkan anggaran yaitu Dinas Pekerjaan Umum (PU). Hal ini karena Dinas PU banyak melakukan pekerjaan fisik, seperti menangani banjir, drainase, jalan dan lain sebagainya.

“Apalagi akhir-akhir ini, di Kota Sorong mulai memasuki musim penghujan. Sehingga dinas pu perlu mengantisipasi banjir, dengan melakukan normalisasi kali dan drainase. Makanya membutuhkan anggaran yang sangat besar,” sebut Petronela.

Meskipun Dinas PU mendapatkan anggaran yang besar, namun ia juga meminta agar masyarakat jangan membuang sampah disembarangan tempat, terutama di sungai, kali maupun drainase. Karena sampah tersebut, akan menjadi endapan sehingga ketika turun hujan, air tidak bisa lewat karena terhalang sampah dan masuk ke rumah-rumah warga.

“Mari kita sama-sama menjaga kebersihan sehingga kota ini bisa terhindar dari bencana akibat sampah seperti banjir dan wabah penyakit,” pungkasnya.

Sumber: https://papuabaratpos.com/apbd-2020-difokuskan-untuk-pembangunan-fisik/

LEAVE A REPLY