Sorong, Semarak.News – Anggota DPD RI, M. Sanusi Rahaningmas, S.Sos., M.M.SIP, bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sorong memberikan sosialisasi dan pendampingan sensus penduduk online tahun 2020, kepada warga Kompleks Melati Raya, Kilometer 9 Kota Sorong, Jumat (6/3).

Pantauan koran ini, dalam sosialisasi dan pelatihan yang berlangsung di kediaman Sanusi Rahangnimas itu, warga nampak antusias. Pasalnya, ini yang pertama kalinya mereka mengisi indentitas secara mandiri untuk disensus, melalui telepon genggam mereka masing-masing.

Sanusi yang ditemui di sela-sela kegiatan menjelaskan, yang melatar belakangi dirinya menggagas sosialisasi dan pendampingan itu dalam masa resesnya, karena dia melihat selalu ada warga Melati Raya yang tertinggal dan tidak terdaftar dalam sensus penduduk di tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut menurut Sanusi, jelas memberikan efek, dimana warga yang tidak terdaftar menjadi kesusahan saat mengurus sesuatu ke dinas maupun intansi. Bahkan menurut Sanusi, banyak warga yang seharusnya layak mendapat bantuan, menjadi tidak mendapatkan apa yang seharusnya mereka terima, karena namanya tidak terdaftar saat.

Dia juga merasa perlu menggagas sosialisasi dan pendampingan tersebut, karena sebagian besar warga yang berada di lingkungan tempat tinggalnya bekerja sebagai pedagang di pasar.

“Pekerjaan mereka mengharuskan mereka keluar subuh dan pulang sore. Situasi tersebut kadang membuat mereka tertinggal saat sensus penduduk. Karena alasan itulah, momen kali ini saya manfaatkan supaya mereka dibimbing langsung oleh BPS untuk mengisi identitas mereka di sensus penduduk secara online. Dengan demikian, mereka tetap terdaftar meskipun sibuk dengan aktivitas sebagai pedagang,”beber Sanusi.

Sanusi menambahkan, dirinya akan melakukan kegiatan serupa di beberapa daerah di Kota Sorong, di tempat-tempat yang banyak warga belum memahami cara mengisi indentitas di sensus penduduk online.

“Tentunya kita akan kembali bekerja sama dengan BPS. Tujuannya sudah pasti, agar seluruh warga Kota Sorong ini dapat tersensus,”tukasnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Sorong, Ir. Nurhaida Sirun mengapresiasi apa yang dilakukan Sanusi Rahaningmas, yang telah mencanangkan kegiatan sosialisasi dan pendampingan sensus penduduk kepada warga Melati Raya.

Menurutnya ada 54 negara yang melakukan Sensus Penduduk, diantaranya Indonesia.

“Sensus Penduduk tahun ini merupakan sensus penduduk yang ketujuh sejak Indonesia merdeka. Momentum ini diharapkan jadi penyemangat kita memberikan kontribusi maksimal, mungkin dalam upaya mencerdaskan dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020,”kata Nurhaida di kediaman Sanusi Rahangnimas.

Sumber: https://papuabaratpos.com/sanusi-rahaningmas-gagas-sosialisasi-sensus-online-di-melati-raya/

LEAVE A REPLY