DPT Kabupaten Dairi Telah Ditetapkan, Beginilah Hasilnya

Jenny Ester Pandiangan ditemani para Komisioner KPU Kab. Dairi yang lain membacakan berita acara.

Dairi, Semarak.News – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi menggelar Rapat Pleno Terbuka untuk menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tingkat Kabupaten, Kamis (19/04/2018), untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta Bupati dan Wakil Bupati Dairi 2018.

Komisioner KPU Divisi Teknis, Freddy Sinaga mengatakan bahwa pihaknya mengingatkan jika pada penetapan DPT akan terdapat perbedaan dengan hasil pada rekapitulasi DPSHP karena masih ditemukan data ganda antar kecamatan maupun kabupaten yang bisa dicek lewat Sidalih.

“Pengecekan melalui Sidalih merupakan prosedur teknis pengecekan yang sesuai dengan peraturan. Hal tersebut perlu untuk menjadi perhatian dari semua PPK sebelum mempertanyakan alasan perubahan data dari DPSHP.”, jelas Freddy.

Hartono Maha, Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Data juga angkat bicara bahwa setelah penetapan DPT diharapkan agar masyarakat  turut aktif untuk mengecek DPT yang ada.

“Apabila setelah penetapan DPT nanti masih ada warga diatas 17 tahun dan dia bisa memilih dan terbukti mempunyai E-KTP maupun Surat Keterangan, maka KPU Dairi akan mengakomodir dengan membentuk Daftar Pemilih Tambahan agar tidak menghilangkan hak suara pemilih di Kabupaten Dairi.”, jelas Hartono Maha.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan hasil rapat pleno DPT tingkat Kecamatan oleh PPK tiap-tiap kecamatan dengan disaksikan oleh Tim paslon Cagub nomor urut satu dan dua, Tim paslon Cabup nomor urut satu dan dua, Ketua Panwaslih Dairi, dan para Komisioner KPU.

Diakhir acara, Jenny Ester Pandiangan selaku Komisioner KPU Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat membacakan total DPT Kabupaten Dairi, 174.907 pemilih dengan rincian 86.016 pemilih laki-laki dan 88.891 pemilih perempuan yang tersebar di 680 TPS, 169 Desa/Kelurahan, dan 15 Kecamatan. [CRZ]

TINGGALKAN BALASAN