DPRD Evaluasi LKJP Walikota Banjarbaru

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Banjarbaru dalam Rangka Penyampaian Evaluasi dari DPRD terhadap Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Banjarbaru Akhir Tahun Anggaran 2017

Banjarbaru, semarak.news – DPRD Kota Banjarbaru mengadakan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Banjarbaru dalam rangka penyampaian evaluasi dari DPRD terhadap Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Banjarbaru akhir tahun anggaran 2017 siang ini (24/4).

Rapat Paripurna Istimewa dilaksananakan di ruang Graha Paripurna DPRD Kota Banjarbaru. Dalam rapat yang dipimpin oleh Wartono (Wakil Ketua I DPRD Kota Banjarbaru) dihadiri pula oleh Neni Hendriyawati (Wakil Ketua II DPRD Kota Banjarbaru) serta H. Darmawan Jaya Setiawan (Wakil Walikota Banjarbaru).

Disampaikan dalam rapat bahwa Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota (LKPJ) Akhir Tahun Anggaran 2017 yang telah disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD Kota Banjarbaru yang lalu (27/4) sudah menjadi kewajiban seorang Kepala Daerah wajib menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) sesuai dengan Pasal 69 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014.

Terkait evaluasi dari DPRD terhadap Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Banjarbaru akhir tahun anggran 2017 yang disampaikan melalui juru bicara DPRD Kota Banjarbaru Iriansyah Gani dari Komisi I menyampaikan bahwa secara umum penyelenggaraan tugas-tugas umum pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan tahun 2017 sudah menunjukan progress report yang cukup baik, walaupun harus diakui bahwa akurasi dan validasi dalam pencapaian yang diajukan masih membutuhkan klarifikasi dan penjelasan lebih rinci.

“Memasuki tahun kedua kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota sekarang, program inovatif yang berbasis keunggulan lokal masih peru diupayakan sebagai terobosan, sebab percepatan pembangunan daerah sangat ditentukan oleh kemampuan mengeksplorasi potensi unggulan yang dimiliki untuk menjadi kekuatan riil yang pada gilirannya akan berdampak langsung pada peningkatan taraf hidup masyarakat” ungkapnya.

Selanjutnya tanggapan dari Nadjmi Adhani (Walikota Banjarbaru) yang disampaikan melalui H. Darmawan Jaya Setiawan (Wakil Walikota Banjarbaru) menyatakan bahwa dengan terselenggaranya Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Banjarbaru dalam rangka penyampaian evaluasi dari DPRD terhadap Laporan Pertanggungjawaban Walikota Banjarbaru akhir tahun anggran 2017 ini berarti terlihat akan adanya sinergitas antara badan eksekutif dan legislatif dan berkenaan dengan masukan dalam bidang komunikasi dan koordinasi maka rekomendasi diterima secara baik dan menjadi penekanan koreksi kedepannya agar membawa hal yang lebih baik bagi Kota Banjarbaru.

Penekanan evaluasi pada rapat paripurna istimewa ini terkait basis data, penyerapan anggaran, serta pencapaian target dan kesesuaian program dengan visi misi dan kebutuhan masyarakat yang nantinya akan menjadi bahan acuan dalam penyelenggaraan pemerintahan Kota Banjarbaru selanjutnya agar menjadi lebih baik.

 

TINGGALKAN BALASAN