Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Dengarkan Senter – Senter Bulan

Jika Anda sedang mencari contoh kerja menggunakan GNU Radio, check it out [Daniel Estévez’s] Bekerja untuk memecahkan kode telemetri yang ditangkap Dari kubus senter bulan. kubus adalah Anda menghadapi beberapa masalah, tetapi data yang dimaksud adalah rekaman dari hari setelah peluncuran. Kami tidak yakin apa yang diperlukan untuk menguping secara langsung, tetapi rekaman 3 menit berasal dari antena 20m pada 8,4GHz.

itu Bagan alur Radio GNU Tidak seburuk yang Anda kira, berkat beberapa penggunaan kembali blok yang bijaksana dari proyek lain untuk melakukan decoding. Modifikasinya adalah PCM / PM / biphasic-L. Secara nominal, kecepatannya seharusnya 48000 baud, tapi [Daniel] Mengukur 48.077.

Telemetri sering digunakan pada pesawat ruang angkasa CCSDS (Komite Penasihat Sistem Data Luar Angkasa), dan enkripsi sesuai dengan standar. Satu hal yang aneh adalah di tengah rekaman, frekuensi pembawa melonjak di atas 120 kHz. [Daniel] Dia berspekulasi bahwa satelit sedang mengoreksi frekuensinya untuk mengunci pembawa uplink dari stasiun bumi.

Setelah Anda membuang data, Anda harus menafsirkannya, dan [Daniel] Melakukan pekerjaan dengan baik menggunakan Jupyter. Dia tidak tahu koordinasi penuh dari semua telemetri, tapi dia membuat beberapa asumsi yang terdengar masuk akal. Kami harus bertanya-tanya bagaimana analisisnya dibandingkan dengan stasiun bumi resmi JPL.

Terakhir kali kami check-in dengan Daniel, dia melakukan trik yang sama Pelayaran I. Jika Anda ingin mencoba Radio GNU – meskipun Anda tidak memiliki peralatan radio apa pun – lihat ini pengantar.


READ  Sebuah asteroid melewati Bumi hari ini, jadi para ilmuwan memotretnya dengan gelombang radio