Debat Publik Perdana Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018

Bandung, Semarak.News – Pada senin lalu (12/3/18)  pukul 19.30 WIB hinggan pukul 22.00 WIB Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat berkerja sama dengan Kompas TV dalam rangka penyelenggaraan Debat Publik Perdana Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018. Dapa kali ini debat dilakukan di Sasana Budaya Ganesha, ITB Bandung. Dengan tema yang digunakan dalam debat kali adalah “Ekonomi, Politik, Pemerintahan Daerah, Infrastruktur, Hukum, Pertahanan dan Keamanan, Industri, Perdagangan dan Teknologi, Umum dan Koperasi”.

Pemilihan tema ini adalah untuk menunjukan bagaimana kulitas dan kapabilitas tiap-tiap pasangan calon untuk memajukan provinsi Jawa Barat kearah yang lebih baik. Keempat pasangan calon semua dapat hadir dalam debat ini yaitu Ridwan Kamil–Uu Ruzhanul Ulum, Tubagus Hasanuddin–Anton Charliyan, Sudrajat-Ahmad Syaikhu, dan Deddy Mizwar–Dedi Mulyadi. Acara debat dibuka dengan pidato singkat oleh Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat.

Dalam pidato singkatnya Yayat menyampaikan harapanya semoga dengan diadakannya debat ini para calon pemilih yang masih belum menentukan pilihannya dapat mendapatkan informasi yang cukup sebagai bahan acuan dalam saat pemilihan nantinya. Debat ini juga diharapkan dapat dimaksimalkan oleh tiap-tiap pasangan calon untuk menunjukan kualitas dan kapabilitas yang dimiki sebagai gambaran bagaimana Jawa Barat dibawah pimpinannya.

Dalam debat ini dibag menjadi enam sesi. Pada sesi kedua hingga sesi keempat setiap calon dihadaptkan dengan berbagai pertanya yang diberikan moderator dan ditanggapi oleh pasangan lainya maupun yang berikan oleh pasangan lainya untuk pasangan lainya.

Pada sesi kelima semua pasngan calon meberikan keterampilanya dalam penampil baik dari timsuksenya maupun dari pasangan calon. Dalam situasi itu semua pasangan dapat saling berbaur dan mencair, tidak terlihat adanya ketegangan dan perselisihan diantara pasangan calon.

Pada sesi yang terahir tiap-tiap pasangan diharuskan memilih pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya.

Setelah diadakannya debat tersebut,  telah diterbitkan hasil analisis mengnai kemapuan tiap-tiap pasangan calon dalam menangapi pertanyaan yang diajukan. Dari hasil analisis tersebut pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum mendapatkan skore tertinggi dibandingkan dengan ketiga pasangan yang lain, dan memiliki selisih yang cukup ketat terhadap pasangan Deddy Mizwar–Dedi Mulyadi [SKW]

TINGGALKAN BALASAN