DD 86 Desa di Kab. Lobar Sudah Cair

Ilustrasi dana desa [Sumber: berdesa.com]

Giri Menang, Semarak.news – Program Dana Desa merupakan Program Nasional untuk tiap-tiap desa agar dapat menggunakan dana yang diberikan bagi kemajuan dan kesejahteraan warga desa. Dana Desa juga diberikan kepada Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Kab. Lobar, Ir. Lalu Edi Sadikin mengatakan pencairan dana desa di 10 Kecamatan di Kab. Lobar kepada Semarak.news kemarin (11/4/2018).

Per 11 April 2018, pencairan dana desa tahap satu bulan Januari s.d Maret 2018 di 119 desa dan 3 kelurahan di Lobar belum sepenuhnya rampung. Saat ini ada sebanyak 86 desa yang sudah dicairakan dana desanya. Sisanya sebanyak 33 desa dan 3 kelurahan masih terkendala dalam melengkapi administrasi antara lain Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) Dana Desa tahun 2017, Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ), dan APB-Des tahun 2018.

“Dinas PMD melalui pendamping desa telah melakukan inventarisir kepada tiap-tiap desa untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan membantu menyelesaikannya. Salah satu kendala yang dihadapi desa yaitu APBDes sudah selesai dirancang oleh tiap-tiap desa namun akibat adanya peraturan yang mengharuskan 30% dana desa digunakan untuk program padat karya, APBDes yang telah dirancang harus diperbaiki terlebih dahulu sehingga membutuhkan waktu.” jelasnya.

Pihaknya telah mendorong perangkat desa untuk segera menyelesaikan laporan agar dana desa dapat segera dicairkan dan dimanfaatkan sesuai APBDes dan menekankan kepada tiap desa agar bulan April seluruh desa di Kab. Lobar telah menyelesaikan laporannya dan dana desa dapat diterima.

“Tahun 2017 Kab. Lobar telah berhasil menerapkan Sistem Keuangan Desa (Siskedas) setelah melalui berbagai sosialisasi bekerjasama dengan instansi lain seperti Inspektorat, Kantor Pelayanan Pajak, dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Daerah. Kami telah memanggil kepala desa untuk memberikan rambu-rambu yang harus dilakukan agar item-item yang ada untuk penggunaan dana desa sesuai dengan petunjuk pelaksanaan.” tambahnya. (tya)

TINGGALKAN BALASAN