Catat Waktu dan Tempat untuk melihat ‘Super Blue Blood Moon’ di Indonesia

penampakan supermoon (sumber : google)

Jakarta, Semarak.news – Indonesia akan ‘kedatangan tamu’ yang terbilang jarang ditemui oleh penduduknya. Tamu tersebut adalah fenomena supermoon, blue moon dan gerhana bulan. Ketiga fenomena alam tersebut oleh NASA diberi julukan super blue blood moon.

menurut keterangan BMKG tepatnya pada Rabu (31/01) fenomena alam tersebut dapat dilihat dari langit Indonesia. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorta Karnawati mengatakan fenomena terebut diakibatkan karena Matahari, Bumi, dan Bulan berada dalam satu garis dalam waktu tertentu. Selain itu fenomena esok merupakan kondisi bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi. “fenomena alam seperti ini hanya terjadi satu kali dalam 100 tahun” tutur Dwikorta di kompleks BMKG, Jakarta (29/01).

Fenomena alam tersebut dapat diamati mulai pukul 17.49 WIB dan mulai memasuki tahap gerhana total pada pukul 19.51 WIB serta puncaknya akan terjadi pada pukul 20.29 WIB. Fenomena langka tersebut akan berakhir pada pukul 23.09 WIB.

BMKG juga menambahkan beberapa tempat yang dapat melihat fenomena alam langka tersebut antara lain di Pulau Jawa, Pulau Sumatera serta di sebagian kecil Kalimantan Barat. Selain daerah-daerah yang disebutkan, fenomena alam tersebut hanya dapat diamati saat gerhana bulan memasuki fase panumbra pada pukul 18.48 WIB. (MI)

TINGGALKAN BALASAN