Pailelang, Semarak.News | Bupati Alor Drs. Amon Djobo menjelaskan, jalan baru yang dibuka lewat program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 jajaran Kodim 1622 Alor memiliki manfaat ganda yang bakal dinikmati oleh masyarakat setempat. Sebab, jalan baru tersebut selain menghubungkan dua kecamatan (Mataru dan Alor Tengah Utara) juga menghubungkan kantong-kantong produksi hasil perkebunan warga.

Orang ABAD harus bersyukur dan berterima kasih. KarenaTNI sudah buka jalur-jalur yang menghubungkan kantong-kantong produksi. Ini tahun juga pemerintah akan aspal jalan dari Probur turun ke Halerman lalu putar menuju Buraga,” kata Bupati Amon kepada wartawan saat memantau titik start TMMD ke 105 di Desa Pailelang Kecamatan ABAD Kamis, (11/7/19).

Bupati Alor dua periode ini mengatakan, lewat TMMD ini, ibarat pasukan TNI berperang melawan isolasi fisik untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Kalau dulu sekitar 2 sampai 3 dasawarsa, saat kita sebut tentara atau polisi orang takut karena itu bicara soal perang, tapi sekarang tidak, mereka berperang dengan isolasi-isolasi fisik seperti ini demi kesejahteraan masyarakat” ujar Amon Djobo.

Ia menyampaikan apresiasi kepada TNI yang telah membantu daerah yang ia sementara nahkodainya. Menurut dia, kegiatan pengerjaan jalan baru ini sangat bermanfaat bagi warga. “TNI sebagai mitra dan sahabat masyarakat, sudah memberikan karya nyatanya lewat kegiatan-kegiatan seperti ini. Kondisi fisik jalan ini masih terbelenggu oleh kehidupan masyarakat baik dari desa ke kota maupun sebaliknya. Mudah-mudahan dengan TMMD ini mampu memberikan dampak baik bagi masyarakat dari sisi pendapatan,” katanya.

Dia juga meminta peran dan dukungan dari masyarakat, pemerintah desa dan kecamatan agar program TMMD bisa berjalan baik. “Kegiatan ini bukan untuk nama tentara tetapi untuk kepentingan masyarakat dan daerah. Tahun ini sudah di Abad, tahun depan rencananya di Maritaing,” ujar Bupati Amon

Sebelumnya, Kepala Desa Pailelang Hendrik Atakari mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kodim 1622 Alor yang telah menjadikan Pailelang sebagai lokasi penyelenggaraan TMMD ke 105. Hendrik Atakari menyatakan, dirinya sebagai kepala desa bersama masyarakat siap bergandengan tangan bersama TNI mensukseskan kegiatan tersebut.

Kades Atakari menyatakan, kegiatan TMMD dengan sasaran pembongkaran jalan baru 1,4 Kilometer ini merupakan wujud impian masyarakat setempat selama ini. Menurutnya, program TMMD di Desa Pailelang ini merupakan yang ketiga kalinya selama dirinya menjabat sebagai kepala desa.

Kades Hendrik Atakari mengharapkan kepada pemerintah agar setelah dilakukan pembongkaran jalan ini selanjutnya dilakukan pengaspalan. *(Joka)

Foto: Alat berat Excavator melakukan pembongkaran jalan baru yang menghubungkan kantong-kantong produksi hasil perkebunan. Program ini melalui TMMD

LEAVE A REPLY