Bupati Banjar Siap Mengikuti Pemilu 2019

smber: semarak.news

Martapura, Semarak.news-Kehadiran Petugas Pemutakhiran data Pemilih ke Rumah dinas Bupati Banjar, Selasa (17/4), bertugas untuk pencocokan dan penelitian data pemilih dalam rangka persiapan pemilu 2019.

Dengan datangnya petugas pendaftaran pemilih ini sekaligus mengawali tahapan pencokan dan penelitian untuk data pemilih di seluruh Kabupaten Banjar. Tahap ini rencananya dilakukan  hingga 16 Mei 2018 mendatang. Sistem dari tahap ini yaitu petugas akan menyambangi masing-masing rumah untuk mendata.

Syarat utama agar dapat terdaftar menjadi anggota pemilih yaitu berumur 17 tahun.

“Meskipun belum memiliki KTP anggota keluarga berumur 17 tahun tetap dapat memilih, namun NKK dan NIKnya sudah ada di Kartu Keluarga.” Ucap Fejeri Tamzidillah selaku Ketua KPU kabupaten Banjar saat ditemui ditempat.

Saat dilakukan pemutakhiran, tidak menutup kemungkinan akan ada warga yang sudah meninggal, sudah pindah, tergabung dalam TNI maupun Polri, sehingga pantarle akan mencoret. Hasil pemutakhiran dan perbaikan ini akan menjadi data daftar pemilih sementara yang nantinya akan menjadi daftar pemilih tetap.

“Pantarle akan berproses selama satu bulan data tersebutlah yang akan menjadi daftar pemilih sementara.” Ujar Fajeri.

Untuk diketahui sebelumnya Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu yang telah ditetapkan menjadi Undang-undang dalam rapat paripurna DPRD pada 21 Juli lalu sudah resmi diberlakukan. Presiden Jokowi pada 15 Agustus 2017 telah mengesahkan UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). UU inilah yang menjadi dasar umum enyelenggaraan  Pemilu DPR, DPD, DPRD, dan Pilpes tahu 2019 mendatang.

Pencocokan dan Penelitian yang dilakukan oleh Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) akan dilakukan di 133 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Dari 133 kabupaten/kota tersebut berada di 17 provinsi, diluar 17 provinsi yang melaksanakan pilgub.

Menrurt Fajeri, jumlah petugas pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Banjar seluruhnya berjumlah 1.833 orang.

“Petugas ini akan mendatangi seluruh rumah warga untuk melakukan pemutakhiran data.” Pungkasnya.

Bupati Banjar, KH. Khalilurrahman juga menyatakan himbauan kepada masyarakat agar mensukseskan serta melayani setiap kunjungan petugas pendaftaran pemilih untuk menyongsong pemilu 2019.

TINGGALKAN BALASAN