Bulan Maret Menjadi Puncaknya Musim Hujan di Bandung

Bandung, Semarak.News – Pada awal bulan maret ini sejumlah daerah diwilayah jawa barat terjhusus diwilayah bandung sedang memasuki musim hujan. BMKG menghimbau kepada setiap masyarakat agar lebih waspada terhadap kondisi cuaca yang tidak dapat diprekdisi, seperti yang sering terjadi saat ini.

Tony Agus Wijaya selaku Kepala Stasiun BMKG Bandung menyampaikan bahwa umumnya wilayah jabar tengah memasuki puncak musim penghujan.

“Wilayah Bandung dan sekitarnya hujan berada di puncak musim hujan. Jadi curah hujan tertinggi selama setahun itu terjadi di Maret ini. Sehingga wajar apabila beberapa hari ini cukup tinggi dan relatif merata di sebagian besar wilayah Jawa Barat”.

Dari hasil data yang terekap beberapa hari terahir ini, cuaca pada pagi hari cenderung terang berawan. Sedangkan pada siang dan sore hari cenderung hujan dengan intensitas ringan hingga tinggi disertai petir dan juga terdapat daerah yang disertai dengan angin kencang.

Untuk menghindari akibat buruk yang disebabkan oleh hujan deras yang terkadang diikuti dengan angin, maka dihimbau kebada masyarakat agar melakukan pengechekan terhadap saluran air dan ranting-ranting pohon yang nantinya dapat menimbukan masalah baru. Hal ini dikarenakan kecepatan angin yang cukup kencang yaitu mencapai 40 Km/Jam.

“Tipe angin kencang yang terjadi memang beragam tapi umumnya gerakan horizontal berbeda dengan puting beliung diawali dengan munculnya awan cumulonimbus yang hitam pekat. Yang terjadi beberapa hari ini angin kencang berkekuatan sedang berkecepatan 40 kilometer per jam,” kata Tony.

BMKG selalu berkoordinasi dengan pemerintah, BPBD dan instansi lainya mengenai situasi cuaca yang saak ini terjadi. Hal ini untuk menghindari adanya korban atas cuaca yang sedang terjadi. [SKW]

TINGGALKAN BALASAN