Budi Gunawan: BIN – ITB Harus Bekerjasama di era Intelijen 3.0

BG saat mengisi kuliah umum di ITB

Bandung, Semarak.news – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (pol) Budi Gunawan berkunjung ke Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Rabu (31/01). Budi Gunawan yang kerap disapa BG berkunjung dalam rangka mengisi kuliah umum yang bertema “Intelijen Indonesia: Institusi, Intuisi, dan Inovasi” di Aula Barat ITB. Dalam kuliah umum tersebut, BG memaparkan perlunya kolaborasi BIN-ITB sebagai inovasi nasional dalam menghadapi era intelijen 3.0.

“memasuki era intelijen 3.0 kemampuan human intelligence (humint) dinilai akan menurun, oleh karena itu diperlukan tambahan kemampuan melalui signal intelligence (sigint) yang mengandalkan kemajuan teknologi” tutur Budi Gunawan.

Selain itu ia mengatakan di Amerika Serikat, institusi CIA juga melakukan kerjasama dengan universitas terkemuka yang fokus di bidang teknologi yaitu Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Budi Gunawan juga memuji kualitas output SDM dari ITB yang dinilai memiliki kualitas yang sudah teruji. “Beberapa teknologi yang sedang dikembangkan di ITB dapat membantu BIN dalam menjaga keamanan nasional terutama di bidang siber. Lulusan ITB juga tidak menutup kemungkinan akan direkrut menjadi bagian dari BIN nantinya” (MI)

TINGGALKAN BALASAN