Bandrek Malang, Lapak bandrek yang sedang menjamur di Kota Jambi

Bandrek Malang merupakan salah satu lapak bandrek yang ramai di Jambi (sumber:Semarak.News)

Jambi, Semarak.News – Bandrek, semua orang mungkin tidak asing lagi dengan minuman kesehatan ini. Warung bandrek sekarang sedang menjadi bisnis yang menjamur di kota jambi, biasanya masyarakat minum bandrek sembari nongkrong dan menghabiskan penat di waktu malam. Hal itu menyebabkan jumlah tongkrongan dengan menu andalan bandrek, kian gampang saja ditemui di tepi jalan utama di Kota Jambi.

Bandrek Malang, salah satu nama bandrek yang akan banyak kita temui di jambi, Lapak bandrek yang ini  adalah lapak  bandrek yang menawarkan franchise. kini  bandrek malang telah tersebar di banyak titik. Sedikitnya,  ada 12 titik penjual bandrek yang membeli franchise bandrek malang ini.

12 titik tersebut yaitu di Thehok ada empat, Telanai, Mendalo, Beringin, dan Sipin masing-masing dua tempat. Membeli waralaba Bandrek Malang, hanya perlu merogoh Rp 3 juta. Para penjual bandrek, sudah bisa ikut paket gabung. Paket ini membuat mereka tinggal berjualan saja. Bahan baku sudah disiapkan oleh tim Bandrek Malangl dan siap diambil.

Kata Fahim salah satu pedagang Bandrek Malang “Rp 3 juta itu bila konsisten berjualan bisa balik modal dalam waktu sebulan”. Bandrek Malang ini di hargai Rp 7 ribu untuk satu gelas plus telur ayam, bila dengan telur bebek Rp 8 ribu, dan bandrek biasa Rp 5 ribu. dalam semalam Bandrek Malang bisa menghasilkan omzet dari Rp 2 juta sampai Rp Rp 2,5 juta. Keuntungannya, sebut dia, sekitar 20 sampai 40 persen dari omzet.

Secara umum bahan baku bandrek adalah gula aren murni dan banyak rempah. Jahe adalah rempah utama yang tidak pernah ditinggalkan. Ada juga kapulaga, kayu manis, cengkih, serai, pandan, biji pala, dan tambahan merica.

Bandrekpun memiliki banyak khasiat, di badan terasa segar kalau minum rutin, tidak mudah lelah, baik untuk menjaga daya tahan tubuh, kombinasi rempah dalam bandrek bisa mengobati sakit tenggorokan dan batuk.Yang tak kalah penting, bandrek dapat menjadi minuman terapi pencegah kanker.

Cara membuat bandrek

Gula aren yang sudah ditumbuk direbus dengan air hingga mendidih. Lalu, berbagai rempah yang sebelumnya sudah dibakar sebentar hingga mengeluarkan aroma harum dimasukkan.

Untuk aromanya yang lebih kuat, rempah-rempah yang digunakan sebaiknya sudah dikeringkan. Tambahkan sedikit garam untuk menghilangkan rasa sepat rempah-rempah.Terakhir, saring rebusan agar bandrek tampak bening, serta ada beberapa bumbu rahasia yag tak bias desebutkan kata Fahim

menurut penelitian bahwa rempah-rempah mengandung senyawa fenolik yang masuk dalam kelompok senyawa bioaktif.Senyawa itu memiliki fungsi antioksidan atau senjata melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan pemicu penyakit-penyakit karsinogenik seperti kanker.

Radikal bebas juga memicu kardiovaskular yang berkaitan dengan pembuluh darah seperti stroke dan penuaan dini. Makanya, komposisi bandrek memang sangat bagus buat kesehatan,

Berikut beberapa lokasi tempat berjualan bandrek, yaitu di simpang tugu juang sipin, area perkantoran kota baru, taman jaksa telanai pura, depan makam pahlawan tehok, dan di taman tanggo rajo. dan banyak juga tersebar di tempat lain. Bagi yang sedang berkunjung ke jambi, mungkin ini bisa dijadikan salah satu wisata kuliner di jambi (RNRP)

TINGGALKAN BALASAN