Bandara Kediri, AP I dan Gudang Garam akan Jajaki Kerjasama

Foto ilustrasi Badar Udara di Kediri. (Source : www.banksyarif.com)

Kediri, Semarak.News – Pembangunan bandara di Kediri memasuki tahap pembahasan oleh PT Angkasa Pura I (AP I) sebelum melakukan nota kesepahaman dengan PT Gudang Garam Tbk selaku pengelola bandara di Kediri.

Dilansir dari TEMPO.CO Direktur Utama AP I Faik Fahmi menuturkan bahwa pihak AP I masih menjajaki beberapa opsi pola kerja dengan PT Gudang Garam Tbk. Ia mengharapkan dana investasi dapat digunakan seoptimal mungkin.

Dia juga menambahkan bandara tersebut memang akan dibangun oleh PT Gudang Garam Tbk sebagai pengelolanya. Namun, sebagi pengelola PT Gudang Garam Tbk harus memiliki sertifikasi sebagai badan usaha bandar udara (BUBU). Sementara ini hanya AP I dan AP II yang memiliki izin tersebut di Indonesia.

Pihak AP I berencana akan mensinergikan bandara di Kediri dengan Bandara Juanda di Surabaya. Bandar udara di Kediri akan memiliki landasan pacu hingga 3.250 meter. Sehingga, bandar udara tersebut kemungkinan akan dibangun dalam kapasitas sisi udara yang besar.

Landasan pacu tersebut, dapat digunakan oleh pesawat dengan lorong tunggal maupun lorong ganda. Sehingga, ada kemungkinan badara Kediri akan melayani penerbangan umroh maupun haji. “ Apalagi pasar haji dan umroh di Jawa Timur cukup besar. Di sisi lain, Bandara Juanda sudah sangat padat,” ujar Faik.

Selain itu, Kediri bisa menjadi salah satu pintu masuk baru bagi rute penerbangan Internasional menuju Jawa Timur mengingat potensi industri wisata yang luar bisa. Namun, kordinasi dan integrasi yang baik dibutuhkan oleh penyedia moda transportasi untuk menunjang mobilitas pengguna jasa. (ms)

TINGGALKAN BALASAN