Pailelang, Semarak.News | Warga kampung Tamal Muhuming dan Padang Baru Desa Pailelang Kecamatan ABAD, dengan semangat bahu membahu ikut membersihkan jalan baru yang sementara dikerjakan melalui program TMMD. Jalan baru sepanjang 1,4 kilometer itu menghubungkan kedua kampung tersebut.

Seperti pantauan wartawan Senin, (15/7/19) siang tadi, antusias warga masyarakat kedua kampung tersebut ikut membantu TNI membersihkan sepanjang jalan dari kampung Tamal Muhuming menuju Padang Baru. Warga senang karena jalan baru yang dibuka itu menghubungkan kantong-kantong produksi hasil perkebunan.

Sebelumnya, saat liputan, sejumlah warga yang dijumpai wartawan nampak begitu senangnya ketika menyaksikan dua alat berat excavator sedang melakukan pembongkaran. “Saya sudah senang karena jalan sudah ada. Sebab dari dulu sampai sekarang kami sudah capek jalan kaki terus sampai di cabang hingga berjam-jam,” ujar seorang warga Padang Baru bernama Semuel Atakari.

Semuel Atakari dijumpai wartawan ketika hendak berjalan kaki menuju Pailelang dengan memikul satu karung hasil komoditi kopi. Meski begitu, ditengah-tengah kebahagiaan warga masyarakat Padang Baru, mereka juga masih keluhkan terkait air minum bersih.

Seperti dijelaskan warga lainnya bernama Isak Lanpada, bahwa air sebagai kebutuhan pokok sangat diperlukan warga setempat untuk keperluan konsumsi dan sebagainya. “Disini air masih kendala. Ada sumber air (sungai) tapi terlalu jauh. Ini tadi pagi jam 10 kami pergi mandi, ambil air di sungai dan baru pulang rumah jam 3 sore,” ungkap Isak sembari berharap agar adanya perhatian pemerintah untuk mengatasi persoalan tersebut.

“Disini kami punya hasil pertanian lumayan banyak. Selain kemiri, ada juga sayur-sayuran yang biasanya kami bawa pergi jual di Pasar Kadelang. Sekarang kami sudah senang, karena dengan adanya jalan yang sedang dikerjakan ini, kendaraan sudah masuk kampung untuk ambil hasil pergi jual,” ujarnya lagi. *(Joka

LEAVE A REPLY