Karena Badai Super Mangkhut, Filipina Mengungsikan Ribuan Orang

Jalur Badai Super Mangkhut, source : Google Map, cnn.com

Jakarta, Semarak.News – Filipina mengevakuasi ribuan orang, mengerahkan tentara dan menetapkan keadaan darurat yag disebabkan oleh Badai Super Mangkhut yang telah mengancam lebih dari empat juta orang di bagian Utara Filipina.

Badai Mangkhut lebih kuat dari Badai Florence, yang saat ini menyerang Pantai Timur AS. diperkirakan badai tersebut akan mendarat di pulau Luzon, Filipina, pada Sabtu pagi. Kecepatan angin saat ini mencapai 285 kilometer per jam (180 mph). Badai besar ini, setara dengan badai Kategori 5, telah memicu peringatan di Asia timur dan tenggara. Kemudian badai kedua, Topan Barijat, juga melanda wilayah tersebut.

Mangkhut telah merusak Guam dan Kepulauan Marshall di wilayah Pasifik yang menyebabkan banjir besar dan kerusakan instansi listrik. Sebagian dari Guam tidak terdapat listrik pada Jumat pagi.

Di Filipina, badai tersebut memicu kekhawatiran bahwa akan menimbulkan banyak kerusakan seperti Topan Haiyan, yang pada tahun 2013 menghancurkan sebagian besar wilayah negara Filipinia dan menewaskan lebih dari 6.000 orang.

Administrasi Pelayanan Atmosfir, Geofisika dan Astronomi Filipina telah mengeluarkan peringatan terkait Badai Super Mangkhut di provinsi di Luzon dan kepulauan Visayas dan kemungkinan tingkat ancaman akan meningkat. Warga juga telah diperingatkan tentang gangguan layanan listrik dan komunikasi di wilayah yang terkna dampak badai tersebut juga kemungkinan banjir di daerah dataran rendah dan tanah longsor di daerah pegunungan. (RC)

 

Catatan : Berita ini telah diterbitkan di www.edition.cnn.com dengan judul “ Philippines evacuates thousands ahead of Super Typhoon Mangkhut “ yang ditulis oleh Bard Wilkinson and James Masters.

TINGGALKAN BALASAN