Hanoi, Semarak.News – Utusan dari Korea Utara dan Amerika Serikat akan mengadakan negosiasi tingkat kerja di Vietnam sebelum pertemuan puncak bilateral mereka di Hanoi, Vietnam, Rabu depan.

Perwakilan khusus korut untuk urusan AS Kim Hyok-chol memasuki hotel tempat rekannya dari AS Stephen biegun menginap sekitar pukul 01.30 malam. Ia didampingi oleh Kim Song-hye, kepala kantor stategi unifikasi di United Front Department.

Dilansir KBS, Jumat (22/2) Kim Hyok-chol dan Biegun dilaporkan akan mengadakan negosiasi selama lebih dari empat jam.

Pertemuan kedua utusan ini adalah pertama kalinya sejak perundingan pada kunjungan Biegun ke Pyongyang awal bulan ini.

Kim Hyok-chol dan Biegun dilaporkan mengadakan negosiasi selama lebih dari empat jam seperti dilansir dari KBS, Jumat (22/2/2019).

Ini adalah pertama kalinya dalam dua minggu kedua utusan duduk untuk melakukan perundingan sejak kunjungan tiga hari Biegun ke Pyongyang awal bulan ini.

Kedua utusan diharapakan dapat mengatur deklarasi Hanoi untuk pimpinan kedua negara menjelang KTT berlangsung. Deklarasi Hanoi kemungkinan akan mencakup langkah-langkah denuklirisasi menyeluruh Korut dan Membangun kerjasama AS-Korut.

Presiden AS Donald Trump akan bertemu dengan Pemimpin Korut Kim-Jong-un yang kedua kalinya pada 27 dan 28 Februari di Vietnam. Pertemuan kedua ini adalah lanjutan dari pertemuan di Singapura tahun lalu yang dinilai tidak menghasilkan apa-apa.

Pada pertemuan Kim berjanji untuk menjalankan program denuklirisasi penuh semenanjung Korea. Namun negosiasi saat itu berjalan lambat, dengan Korut menuntut pencabutan sanksi dari AS, mengakhiri secara resmi Perang Korea, dan Jaminan Keamanan.

Pada September lalu, Kim juga menyatakan keinginannya untuk membongkar seluruh fasilitas nuklir utama negaranya, Yongbyon, sebagai balasan atas langkah-langkah AS yang sesuai keinginan Korut.(DC)

LEAVE A REPLY