Jakarta, Semarak.News – Kemajuan teknologi yang semakin canggih, mendorong seseorang untuk semakin simple, cepat, dan praktis dalam menerapkan di berbagai aspek kehidupan sehari – hari. Salah satu teknologi terbaru yang masih ramai diperbincangkan yaitu munculnya teknologi 5G.

Saat ini teknologi 5G sedang ramai diaplikasikan oleh negara Korea Selatan (Korsel). Negara Korsel memang memiliki ambisi di industri 5G untuk menjadi yang terdepan.

Kabarnya, Korea Selatan bakal mengembangkan teknologi 5G pada operatornya untuk program pelatihan militer. SK Telecom akan bekerjasama dengan Akademi Militer Korea untuk mensukseskan program berbasis 5G tersebut.

Mengutip pada ZDNet, bentuk pelatihan ini berupa simulasi pemotretan VR seperti pada sebuah film Ready Player One.

Kolaborasi tersebut diharapkan dapat menciptakan akademi “pintar” yang menggabungkan teknologi baru dengan jaringan nirkabel 5G. Mirip dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), virtual reality (VR), augmented reality (AR), Internet of Things (IoT), cloud, big data, dan mobilitas.

Selanjutnya, SK Telecom dan Akademi akan melakukan kolaborasi penelitian terkait keamanan kuantum dan drone.

Perusahaan telekomunikasi mengatakan, untuk mempertimbangkan keamanan dan geografi institusi militer akan diberikan jaringan khusus. Ditargetkan tahun ini, operator seluler akan menyelesaikan pembangunan jaringan nirkabel 5G di kampus Seoul akademi.

Menanggapi pembangunan tersebut, pihak akademi mengatakan untuk peserta pelatihan akan di buat simulator penembakan VR dan simulator perintah VR dan AR. Perusahaan menggabarkan proyek pemotretan VR dalam versi militer akan terlihat mirip dengan simulasi dari film Ready Player One.

Diperkirakan , teknologi dengan kecepatan 5G yang di kembangkan Korea Selatan untuk program militer akan menampung lebih dari 200 calon tentara.

Selain pengaplikasian teknologi 5G dalam program pelatihan militer, produsen telepon seluler juga ikut meramaikan dengan perangkat pendukung.

Beberapa waktu lalu, Korea Selatan menggelar jaringan telekomunikasi 5G yang pertama. Kita dapat mengunduh film dalam waktu kurang dari satu detik dengan menggunakan jaringan 5G.

Adapun produsen ponsel diantaranya Samsung, Huawei, Xiaomi, Oppo, dan Sony. Dipastikan bakal membuat perangkat pendukung dengan jaringan 5G.

Jaringan 5G berbeda dengan 4G. Dikabarkan jaringan 5G ini menawarkan kecepatan jauh lebih cepat untuk mengunduh fan mengupload konten. Selain itu 5G juga digunakan dalam drone dan mobil otonom. (LIA)

LEAVE A REPLY