Jakarta, Semarak.news – Siang kemarin, telah diadakan event Toleransi.id yang pertama kali diselenggarakan di EV Hive City Plaza Kuningan, Jakarta. Toleransi.id merupakan sebuah wadah yang mempertemukan aktivis dan anak-anak muda yang peduli akan toleransi di Indonesia, acara ini dikemas dalam bentuk talkshow interaktif dan eksperimen sosial. Acara ini juga sebagai produk dari kolaborasi yang dilakukan oleh Indika Foundation, Sabang Merauke, dan Proud Project, serta dihadiri juga oleh aktifis dan selebriti dikalangan generasi muda milenial.

Sesuai dengan tagline, ” Inspirasi, Aksi, dan Kolaborasi “, event ini bertujuan untuk menyediakan forum bagi anak-anak muda peduli toleransi untuk memperoleh inspirasi, mencetuskan aksi yang berdampak sosial, serta berkolaborasi dengan satu sama lain untuk menyelesaikan isu sosial di indonesia. Toleransi.id juga didukung dengan kampanye online yang bertajuk #kamitoleransi #kitaindonesia, yang bertujuan untuk menampung aspirasi anak muda terkait isu toleransi dan mengajak anak muda untuk ikut secara aktif dalam menjaga keberagaman dan merawat toleransi.

Arsjad Rasjid selaku Chairman Indika Foundation mengutarakan tujuan diadakannya Toleransi.id sebagai ajang untuk menjawab pertanyaan dari anak-anak muda peduli toleransi.

” Indika Foundation, menginisiasi Toleransi.id sebagai wadah untuk menjawab kebingungan anak-anak muda tentang bagaimana sih mereka bisa berkontribusi agar Indonesia menjadi lebih damai. Kita beri sesi sharing dengan sesama para pegiat toleransi dan kesempatan untuk terjun langsung lewat kolaborasi organisasi. Harapannya, lewat Toleransi.id semakin banyak agent of piece di Indonesia dari generasi muda “, ujarnya.

Acara ini juga menampilkan booth dari beberapa organisasi toleransi dan perdamaian di Indonesia, dimana peserta bisa berkunjung dan berdikusi untuk terlibat lebih jauh di proyek sosial yang sudah ada. Sejumlah selebriti yang hadir dan berbicara tentang toleransi di acara ini diantaranya yaitu Aktifis Tuli Indonesia, Surya Sahetapy dan Inisiator Pesta Pendidikan, Najeela Shihab, serta diselingi oleh penampilan stand-up comedy oleh Mo – Sidiq.

Peserta sedang melihat mading “Ayo Berkolaborasi “

Tentang Indika Foundation

Indika Foundation adalah sebuah yayasan yang bergerak di ranah pembangunan karakter bangsa dalam aspek toleransi. Melalui berbagai program dan inisiatif, Indika Foundation berkomitmen untuk mendukung organisasi-organisasi yang bekerja untuk perdamaian indonesia.

Sabang Merauke adalah sebuah organisasi non-profit yang menyelenggarakan program pertukaran pelajar antar daerah di Indonesia yang bertujuan untuk perdamaian Indonesia.

Tentang Proud Project

Proud Project adalah gerakan yang bertujuan menginspirasi generasi milineal untuk break boundaries. Proud Project Bergerak secara online dan offline, dan telah bekerja sama dengan Najwa Shihab, Putra Nababan, Ade Rai dan lainnya. (AR)

LEAVE A REPLY