Aliran Motor Custom Yang Sedang Tren di Indonesia, Wajib Kalian Punya!

Motor custom (sumber : otomotips.kompas)

Jakarta, Semarak.News – Ekisistensi motor klasik di Indonesia tentunya kembali menjadi tren masa kini. Dari kaum muda sampai tua turut meramaikan industri kreatif otomotif yang saat ini kian berkembang pesat. Tak hanya itu, Presiden Republik Indonesia juga tidak mau ketinggalan dengan tren motor custom ini.

Adapun beberapa aliran motor custom yang mungkin bisa menjadi referensi bagi anda pecinta dunia roda dua, yaitu sebagai berikut:

1. Japstyle

 

Aliran motor custom “Japstyle” (sumber : www.custombike.online)

Aliran motor satu ini diambil dari kata “Japanese Style”, yang diusung berdasarkan motor klasik yang ada di negara sakura tersebut. Motor ini merupakan salah satu aliran yang sangat banyak dimodifikasi di Indonesia. Adapun ciri khasnya, yaitu jok motor berbentuk datar dan ban berbentuk klasik. Motor ini banyak diterapkan pada motor kopling bermesin karbu, karena sangat mudah untuk dimodifikasi. Cukup dengan ganti tangki dan memotong rangka belakang motor.

2. Caferacer

Motor custom aliran “Caferacer” (sumber : dokumen pribadi)

Berdasarkan sejarah, kata “Cafe Racer” identik dengan sosok biker yang senang balap dan mencari lawan di setiap cafe-cafe Inggrie pada era 1960-an.Pada awalnya motor-motor pada jaman itu belum di design untuk sebuah balapan maka dari itu para pecinta motor disana memodif motor mereka agar lebih kencang dari biasanya,Dengan membuat satu seat atau jok dan stang yang dibuat lebih pendek. Aliran ini sangat bisa dibedakan dengan model motor lain, yaitu ciri-cirinya posisi pengendara yang menunduk. Jadi resiko bagi pemakai motor aliran caferacer, jika dibawa touring jelas lebih pegel bro!

3. Tracker

Motor custom aliran “Flat Tracker” (sumber : dokumen pribadi)

Kalau sebelumnya Caferacer berasal dari Inggris, Maka aliran motor yang satu ini berasal dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Dan kalau Cafe Racer terinspirasi dari Balap MotoGP Jadul & IOM TT, Maka Tracker terinspirasi dari balap legendaris asal Amerika, AMA Grand National Championship.
Motor ini identik dengan setang yang lebih bersahabat dibanding cafe-racer, karena posisi riding tinggi. Tentunya tidak akan buat badan lu pegel brader!! Kemudian tangki yang digunakan sedikit lebih mungil. Selain itu, Tracker juga punya identitas asli berupa buritan belakang nya yang cukup unik, salah satunya flat tracker.

4. Bobber

Motor custom aliran “Bobber”  dari Gibran (sumber : wartakota.tribunnews.com

Dilansir dari Motorcycle-USA, aliran bobber pada mulanya lahir di daratan Amerika Serikat (AS), yaitu negara yang memproduksi motor Harley Davidson.

Motor ini identik dengan melepas atau memotong fender depan dan belakang bertujuan membuat motor menjadi lebih ringan karena biasanya penampilan bobber terlihat bongsor dan terkesan sangat berat.

Biasanya motor ini enak digunakan untuk perjalanan jauh, maka dari itu bobber juga memiliki khas menggunakan ban yang tebal.  Beberapa bagian pada motor ini juha didesain ulang, misalnya spakbor depan dan belakang yang lebih menutupi ban, velg depan yang lebih lebar dibandingkan belakang dan knalpot yang gahar.

Motor ini hadir dengan setang street tracker, serta shockbreaker depan yang lebih tinggi dari biasanya. Kemudian jok tunggal kulit yang dilengkapi besi per dengan posisinya lebih condong ke belakang. Dibanding versi terdahulu, suspensi belakang lebih rendah 1 inci.

5. Chopper

Motor custom aliran “Chopper” (sumber : dokumen pribadi)

Chopper sangat mudah dikenali dengan model nya yang ramping. Aliran motor ini mengutamakan penampilan motor dan karakter pengendaranya. Oleh karena itu, motor dengan aliran ini sampai membuat bapak Presiden RI kepincut untuk membelinya.

Hampir seluruh bagian motor mengalami perubahan yang signifikan terutama di bagian depan motor.
Pada bagian rangka motor diubah sudut derajat kemiringan fork depan, posisi duduk si pengendara juga diubah menjadi sangat rendah. Jadi, bisa dikatakan shockbreaker dan velg depan lebih dibuat tinggi.
Selain itu, pada bagian handle bars motor diganti dengan beragam type bars dari yang extreme high barshingga ke extreme low bars.

6. Scrambler

Motor custom aliran “Scrambler” (sumber : dokumen pribadi)

Aliran modifikasi motor kustom Scrambler biasanya dapat dikenali dengan pemakaian ban dual-purpose. Scrambler biasanya memiliki stang fatbar juga ground clearance dan posisi knalpot yang tinggi untuk memaksimalkan fungsi motor ini.

Kemudian tanki biasanya berbentuk bulat memanjang posisinya agak tidak datar. Lampu depan yang biasa digunakan memakai lampu bulat. (AA)

TINGGALKAN BALASAN