Aliansi Mahasiswa Papua Sejawa Bali Peringati 1 Desember 2018 di Surabaya

AMP SeJawa Bali memperingati 1 Desember. Sumber: Pribadi

Surabaya, Semarak.News- Sekita 250 mahasiswa Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasisa Papua (AMP) menggelar Aksi Demo Menuntukan Hak penentuan Nasib Rakyat Papua di Jl. Pemuda, Kota Surabaya, Jawa Timur (1/12).

Menggunakan satu mobil komando, mereka berorasi menuntut penentuan nasib sendiri. Tepat hari ini, 1 Desember 2018, merupakan peringatan 57 Tahun Deklarasi Kemerdekaan papua Barat.

Dalam aksi ini memiliki tuntutan pokok berupa Berikan Hak Menentukan Nasib Sendiri Bagi Rakyat dan Bangsa West papua sebagai solusi Demokratis. Tahun ini kami menetapkan aksi terpusat

“Kawan kawan Sejawa Bali berkumpul di surabaya, dengan tujuan yang sama yakni Hak menentukan sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyat West Papua.” Kata Dorlince Iyouwauw selaku Juru Bicara AMP.

Ia juga menyebutkan, alasan Kota Surabaya sebagai tempat yang digunakan, dikarenakan banyak tindakan represif yang dilakukan oleh Ormas, maupun TNI-Polri.

Sejak pukul 06.00 WIB, mereka telah berkumpul di Monumen Kapal Selam menuju ke Gedung Grahadi. Namun, terjadi penghadangan oleh pihak ormas. Selain itu, mereka juga berorasi, serta meneriakkan yel-yel Papua Merdeka.

Sempat terjadi ketegangan ketika mereka dihadang oleh Ormas. Dimana ormas tersebut bertindak represif. Namun hal tersebut, tidak memprokasi mahasiswa Papua yang berunjuk rasa. (AF)

TINGGALKAN BALASAN