Akhirnya KPU Makassar Ajukan Kasasi, Ini Reaksi Pendukung DIAMI.

Massa Pendukung DIAMI penuhi depan PTTUN Makassar

Makassar, Semarak.news – Sengketa Pilkada pada Pilwali kota Makassar telah diputuskan oleh Pengadilan Tinggi Tata Usah Negara (PTTUN) Makassar pada Rabu (21/3/2018) lalu.

Putusan PTTUN ini mengabulkan semua gugatan dari Paslon nomor urut 1 pilwali Kota Makassar Munarfi Arifuddin – Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu). Berdasarkan putusan tersebut hakim PTTUN meminta KPU membatalkan penetapan paslon nomor urut 2 Danny Pomano – Indira Mulyasari (DIAMI).

KPU memiliki waktu 5 hari untuk memikirkan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atau langsung mengeksekusi putusan tersebut. Jika KPU langsung mengeksekusi putusan sidang maka sudah pasti paslon Appi-Cicu juara tanpa lawan di pilwali kota Makassar pada 27 Juni 2018 nanti.

Hari ini, 26 Maret 2018 akhirnya KPU mengambil sikap untuk mengajukan kasasi ke MA. Sehubungan dengan ini masa pendukung DIAMI turun jalan untuk mengawal KPU ke PTTUN untuk menyerahkan berkas kasasi yang akan di kirim ke MA. Ribuan pendukung DIAMI tumpah di dua titik yaitu depan PTTUN jalan A.P. Pettarani dan depan KPU kota Makassar jalan Perumnas Antang Raya.

Masa pendukung DIAMI menyuarakan bahwa apa yang mereka lakukan merupakan kesadaran sendiri tanpa adanya perintah. Hal tersebut di sampaikan oleh Arul S.H, M.H dalam orasinya.

Pendukung Paslon DIAMI dalam Orasinya di depan Kantor KPU Kota Makassar

“Apa yang kita lakukan hari ini adalah bentuk kesadaran masyarakat Makassar atas Demokrasi, dan kami meminta kepada seluruh media agar jangan memberitakan dan jangan menyelewengkan pemberitaan yang dapat merugikan pihak DIAMI” ujarnya.

Selain itu, masa pendukung DIAMI juga membentankan spanduk yang bertuliskan tuntutan mereka yaitu aliansi Rakyat Makassar Cinta Demokrasi “Save KPU”, KPU Harus Kasasi, Ciptakan pemimpin untuk rakyat, bukan imperialisme, Jangan biarkan kota Makassar diambil paksa, Demokrasi tanpa kemunafikan.

Syarif Amir selaku ketua KPU Kota Makassar yang menerima massa di depan kantor KPU mengatakan bahwa berkas kasasi akan dikirim ke PTTUN dan merekalah yang akan mengirimkan ke MA untuk selanjutnya dilakukan kasasi.

“Berkas hasil putusan PTTUN tidak berangkat dari KPU Kota Makassar, tapi dari PTTUN Berkas tsb akan diberangkatkan ke Mahkamah Agung untuk dilakukan Kasasi. Kami berharap setelah ada putusan mahkamah agung, kita harus terima apapun hasil keputusannya, dan kita serahkan semuanya ke proses Hukum” tutur Syarif Amir kepada perwakilan simpatisan.

Hingga pukul 13.00 Wita kerumunan massa pendukung DIAMI di depan PTTUN pun terus bertambah menunggu kedatangan KPU dan massa pendukung DIAMI dari kantor KPU Kota Makassar. dha.

TINGGALKAN BALASAN