Tahun Ini, Seluruh Desa di Alor Diterangi Listrik

Tahun Ini, Seluruh Desa di Alor Diterangi Listrik

0
43

Kalabahi, Semarak.News | PT. PLN Rayon Kalabahi menargetkan Tahun 2020 ini, seluruh desa di kabupaten Alor sudah diterangi listrik. Program ini berlaku secara nasional. Demikian dijelaskan Kepala PT. PLN Rayon Kalabahi Virtus Gita Anggara kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (13/2/20) siang.

Kepala PLN Virtus menjelaskan, hingga saat ini masih tersisa 56 desa dari 175 desa/kelurahan di Alor yang belum diterangi fasilitas listrik. “Jadi 56 desa yang belum ada listrik itu adalah desa-desa yang memang sedikit sulit dijangkau karena medannya yang cukup berat. Seperti kalau di Pantar itu ada di Desa Eka Jaya dan Kaka Mauta. Padangalang di kecamatan Alor Selatan dan beberapa desa lainnya,” ujar Virtus.

Ia menyebut, program ini juga berlaku secara nasional yaitu target Tahun 2020 seluruh desa di Indonesia harus diterangi listrik. “Tahun kemarin PLN Kalabahi mengalami kendala, dimana salah satu vendor yang menangani sekitar 20 desa di Alor untuk melakukan perluasan jaringan listrik meninggal dunia. Tahun 2020 ini, PLN Wilayah NTT telah menunjuk vendor dari Sumba untuk melanjutkan perluasan jaringan listrik di Alor,” katanya.

Selain itu, sebut dia, tahun ini juga sudah ada penunjukkan vendor oleh PT. PLN Wilayah NTT yang akan menangani pembangunan 4 PLTS di Alor. “Beberapa waktu lalu sudah dilakukan survey lokasi, seperti di Desa Langkuru, Desa Padangpanjang Kecamatan Alor Timur dan di Desa Kamaifui Kecamatan Mataru,” tambah Virtus.

Ia menambahkan, bahwa metode perluasan jaringan listrik ini, biasanya disebut grid, yakni perpanjangan jaringan yang sudah ada serta penawaran pembangunan PLTS di Alor. Perluasan jaringan listrik Tahun 2020 ini dengan sumber anggaran dari PLN serta bantuan dari luar negeri. “Jadi targetnya semua rumah harus dinyala listrik diakhiri tahun 2020 ini,” ungkapnya. *(Joka)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY