DPRD Alor Pantau Harga Sembako di Kalabahi

DPRD Alor Pantau Harga Sembako di Kalabahi

0
34

Kalabahi, Semarak.News | DPRD Kabupaten Alor melalui Fraksi Gabungan Alor Bersatu dan Fraksi Persatuan Nurani Alor melakukan operasi harga bahan pokok di sejumlah toko di kota Kalabahi, Sabtu, (4/4/20) pagi. Ini dilakukan menyusul adanya kenaikan harga bahan pokok yang cukup melonjak belakangan ini.

“Hari ini kami melakukan operasi pasar di sejumlah toko sebagai pusat perbelanjaan di seputaran kota Kalabahi. Kami memantau langsung harga bahan pokok yang cukup melonjak belakangan ini. Ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap salah satu dampak dari ancaman Virus Corona,” ungkap Sekretaris Fraksi Persatuan Nurani Alor Donny Mooy kepada wartawan usai memantau kondisi harga bahan pokok di Kalabahi.

Anggota DPRD Kabupaten Alor Fraksi Gabungan Alor Bersatu dan Fraksi Persatuan Nurani Alor melakukan operasi harga bahan pokok di Supermarket Victory 2 Kadelang

Donny Mooy menyatakan, operasi pasar ini dilakukan sebagai wujud kepedulian untuk menjawab aspirasi masyarakat yakni polemik harga sembako. Anggota DPRD dari Partai PSI ini menyebut, setelah melakukan pemantauan harga sembako hasilnya disampaikan ke Komisi 2 sebagai mitra kerja dinas teknis. Selanjutnya, Komisi 2 memanggil dinas teknis guna melakukan rapat kerja.

“Jadi ini memang inisiatif kami kedua fraksi ini. Tadi kami sudah turun langsung ke toko untuk memantau perkembangan harga bahan pokok. Hasilnya, akan kami sampaikan ke Komisi 2 sebagai yang menangani, karena ada anggota kami juga ada di komisi tersebut. Setelah itu, Komisi 2 memanggil dinas teknis guna melakukan rapat kerja untuk bagaimana melakukan langkah-langkah antisipasi kedepan,” ungkap Donny Mooy.

Donny Mooy berharap, setelah melakukan rapat kerja bersama dinas teknis nanti, selanjutnya dinas teknis segera melakukan langkah-langkah antisipasi dalam mengatasi hal tersebut.

“Ya itu harapan kami kedua fraksi. Kami harap bupati menugaskan dinas teknis terkait untuk melakukan langkah-langkah dalam mengatasi hal tersebut. Jangan duduk ditempat baru karang-karang harga. Memang kita dihimbau untuk bekerja di rumah tapi hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat kita harus turun ke lapangan baru bisa tahu bagaimana kondisi sebetulnya,” tegas Donny Mooy.

Operasi harga bahan pokok di UD. Jodjana atau Toko Ombay

Ketua Fraksi Gabungan Alor Bersatu Lagani Djou menyebut, berdasarkan hasil pantauannya benar terjadi kenaikan harga bahan pokok. Seperti harga gula pasir yang sebelumnya berkisar Rp 12.000 hingga Rp 14.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp 19.000 hingga Rp 20.000 per kilogram. Selain itu, beras juga mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

“Untuk beras stok di beberapa toko mulai terjadi kekurangan yaitu hanya berkisar 6 sampai 7 karung ukuran 50 kilogram. Ya.. kami berharap ini juga perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah. Bupati perlu berkoordinasi dengan kantor Bulog untuk mengantisipasi hal ini, apalagi tidak lama lagi kita akan memasuki bulan Suci Ramadhan. Pemerintah memang tidak bisa atur harga, tetapi paling tidak bisa ada langkah-langkah yang dilakukan untuk mengantisipasi,” ungkap Lagani Djou.

Seperti pantauan wartawan, kedua fraksi DPRD Alor ini memantau perkembangan harga bahan pokok di sejumlah toko. Ini dipimpin kedua ketua fraksi yakni Ketua Fraksi Gabungan Alor Bersatu Lagani Djou dan Ketua Fraksi Persatuan Nurani Alor Ibrahim Nampira. Turut hadir anggota fraksi lainnya yakni Yusak Olang, Saiful Daeng Mamala, Mulyawan Djawa dan Ernes Mandela Mokoni.

Operasi harga bahan pokok dimulai dari Supermarket Victory 2 Kadelang, UD. Pantai Laut, UD. Yobeanto dan UD. Ombay. *(joka)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY