3 Gereja Disegel oleh Pemkot, GMKI Jambi Gelar Aksi Unjuk Rasa

Aksi Unjuk Rasa GMKI Jambi (Sumber: DokPribadi)

Jambi, Semarak.news – Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Jambi dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) menggelar aksi demo di depan Kantor Walikota Jambi pada Jumat (5/10) siang.

Mereka mengecam tindakan Pemkot Jambi yang secara sepihak melakukan penyegelan terhadap tiga gereja di Jambi. Menurut penuturan dari Ka Kesbangpol Kota Jambi, Liphan Pasaribu bahwa penyegelan tersebut hanya bersifat sementara sampai ada solusi melalui pertemuan antara pengurus gereja dan masyarakat setempat nantinya.

GMKI menuntut bahwa Pemkot Jambi tidak semestinya tunduk terhadap tekanan sekelompok massa yang ingin ketiga gereja itu disegel. Seharusnya, Pemkot dapat merundingkan terlebih dahulu dengan cara mediasi bukannya langsung menyegel gereja tersebut secara sepihak. Hal ini pun patut dipertanyakan terkait berlakunya penyegelan sementara itu sampai kapan.

“Pemkot menjelaskan bahwa penyegelan itu dilakukan sampai suasana terlihat aman dan kondusif. Namun fakta di lapangan tidak terlihat adanya konflik antar masyarakat di sekitar gereja tersebut” kata Ketua GMKI Jambi, Dirton Silalahi.

Oleh sebab itu, Ketua GMKI Jambi ini sangat mengecam tindakan penyegelan tersebut karena telah melanggar amanat konstitusi.

“Kita semua disini menuntut Pemkot Jambi untuk bersikap netral dalam hal mempermudah izin administrasi pembangunan rumah ibadah sesuai dengan pasal 28 ayat (3) yang tertuang dalam SKB 2 Menteri. Bukan langsung menyegel tanpa proses mediasi dan upaya yang maksimal, “ ujar Dirton.

Aksi unjuk rasa dari GMKI Jambi ini akan terus berlanjut sampai ada keputusan yang adil dari Pemerintah Kota Jambi terhadap penyegelan tiga gereja yaitu GMI, GSJA, dan HKI. (IR) 

TINGGALKAN BALASAN