Kompetisi Mobil Listrik Indonesia IX

Kompetisi Mobil Listrik Indonesia di Politeknik Negeri Bandung ke VIII [sumber: kmli.polban.ac.id]

Advertorial, Semarak.newsApa, Kapan dan Dimana Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI)? KMLI merupakan ajang kompetisi mobil listrik tingkat nasional yang diperkenankan khususnya bagi seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki ketertarikan dalam dunia otomotif maupun komunitas mobil listrik se-Indonesia. Ajang ini telah delapan kali diadakan secara berturut-turut sejak tahun 2009 di Politeknik Negeri Bandung dan menjadi salah satu kompetisi mahasiswa tingkat nasional yang banyak dinantikan dan bahkan telah  mendapatkan  dukungan  penuh  dari  Badan Koordinasi Kemahasiswaan (BAKORMA) Politeknik se-Indonesia. Adapun KMLI IX tahun 2017 ini mengambil tema “Mobil Listrik sebagai Kendaraan Efisien, Ekonomis, dan Aman serta Ramah Lingkungan“.

Selama ini terdapat 5 kategori utama yang selalu diperlombakan dalam setiap ajang KMLI, namun pada KMLI IX ini diadakan satu kategori tambahan sehingga total kategori utama yang diperlombakan menjadi 6, diantaranya yaitu:

  1. Kategori Percepatan,
  2. Kategori Pengereman,
  3. Kategori Daya Tanjak,
  4. Kategori Kecepatan (Waktu Tempuh),
  5. Kategori Efisiensi, dan
  6. Kategori Slalom.

Adapun beberapa kategori tambahan yang diperlombakan sebagai penghargaan untuk para peserta acara KMLI IX yaitu:

  1. Kategori Poster Dan Presentasi Terbaik,
  2. Kategori Pengemudi Mobil Terbaik,
  3. Kategori Tim Terbaik,
  4. Kategori Mobil Dengan Desain dan Teknologi Terbaik, dan
  5. Kategori Rancangan Konstruksi Terbaik.

KMLI IX Tahun 2017 akan kembali diadakan di Politeknik Negeri Bandung pada 23– 25 November 2017 dengan rangkaian acara umum sebagai berikut:

Hari, Tanggal Acara Utama
Rabu, 22 Nov Press Conference
Kedatangan – Tech Meet Peserta
Kamis, 23 Nov Pembukaan (+Sambutan Pemprov Jabar, dan PT.PLN sebagai sponsor)*
Kompetisi – presentasi peserta
Kualifikasi posisi start (I)
Jumat, 24 Nov Perlombaan kategori : Percepatan, pengereman, Slalom, Daya Tanjak
Kualifikasi posisi start (II)
Running Test
Sabtu, 25 Nov Perlombaan kategori : Kecepatan** & efisiensi (Puncak Acara)
Talk show bersama Ricky Elson & Dahlan Iskan
Pengumuman pemenang
Penutupan
Pawai mobil listrik Selo & mobil listrik peserta
Minggu, 26 Nov Packing mobil peserta

*dalam tahap fixasi

**dihadiri oleh Staf ahli Kemenristek Dikti (start race)

Apakah tujuan dari Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI)?

Kompetisi ini diadakan sebagai upaya untuk menampung dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa khususnya di bidang industri teknologi transportasi. Salah satu tujuan umum dari acara KMLI ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya di kalangan akdemisi Indonesia, berkenaan dengan isu global lingkungan hidup dan energi yaitu penurunan level emisi Gas Rumah Kaca (GRK) – CO2 dan konservasi Bahan Bakar Minyak (BBM). Selain itu KMLI juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi generasi muda bangsa Indonesia untuk mampu berkompetisi dalam perkembangan teknologi dalam hal ini industri otomotif yang beriringan dengan perkembangan isu EfSD (Education for Suistainable Development) atau pembangunan lingkungan bersih yang berkelanjutan.

Untuk memperbesar dampak dari eksistensi acara tahunan KMLI sehingga tujuan umum dari KMLI dapat tercapai, dan khususnya mempublikasikan acara KMLI IX yang akan segera berlangsung pada 23 – 25 November ini kepada masyarakat Indonesia maka KMLI akan mengadakan Press Conference, yang akan diselengarakan dengan waktu dan tempat sebagai berikut :

Waktu Penyelenggaraan : Pukul 15.30 – 17.30, Selasa, 22 November 2017

Tempat Penyelengaraan : Ruang Teleconference, Lt.3, Gedung MTRI (Gedung-H), Politeknik Negeri Bandung.

Susunan Acara Press Conference :

Pukul 15.30 – 16.00   : Registrasi Media dan seluruh hadirin.

Pukul 16.00 – 16.05   : Pembukaan Press Conference.

Pukul 16.05–16.55 : Penyampaian Press Conference oleh Direkur POLBAN, PDIII POLBAN, Ketuplak KMLI IX, dan Perwakilan PLN.

Pukul 16.50 – 17.00   : Penutupan Press Conference.

Pukul 17.00 – 17.30   : Foto bersama, dan ramah-tamah.

Bagaimana dan Siapa sajakah Peserta, Partisipan, dan Pengunjung Acara Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) akan dilaksanakan?

KMLI IX, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, selain akan melangsungkan berbagai kompetisi mobil listrik, juga akan melangsungkan pameran / eksebisi yang dimeriahkan dengan berbagai hiburan khususnya kreativitas seni dari para mahasiswa POLBAN. Eksebisi yang akan berlangsung,  yaitu baik berupa pameran dari mobil –  mobil peserta sendiri, dan yang terutama yaitu hadirnya mobil listrik mewah milik Dahlan Iskan “SELO 1 & 2”  maupun mobil listrik hasil karya dari Ricky Elson yang tidak kalah bersaing dengan SELO. Panitia KMLI IX juga menyediakan stand / booth yang tersedia di selasar Pendopo Tony Soewandito bagi para pengusaha bisnis, dan berbagai komunitas yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan eksebisi ini selama dua hari. Adapun persyaratan untuk dapat mengisi booth pada acara ini dapat melalui kontak personal dibawah.

Pada tahun ini, KMLI IX, melalui Politeknik Negeri Bandung sebagai tuan rumah juga mengundang perwakilan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia serta SMA/ sederajat di Jawa Barat untuk berkunjung ke acara KMLI IX ini. Diharapkan melalui kesempatan ini dapat menjalin kerjasama dan mempererat tali silaturrahim antar Perguruan Tinggi di Indonesia, dan membudayakan iklim kompetitif yang konstruktif khususnya di lingkungan generasi muda civitas akademika Indonesia. Selain itu, dengan adanya kegiatan kompetisi ini diharapkan dapat mengarahkan minat para mahasiswa perguruan tinggi maupun siswa-siswa SMA dan sederajat kepada kegiatan yang positif, produktif, inovatif, dan kompetitif dengan tetap mempertahankan silaturahmi dan jaringan antar mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi dan kepada pendalaman teknologi demi peningkatan daya saing bangsa.

Note: acara KMLI IX yang berlangsung dari 23 – 25 November ini merupakan acara yang terbuka untuk umum dan tidak memungut biaya apapun bagi pengunjung acara.

Pada KMLI IX kali ini, telah terdaftar 24 peserta yang terdiri dari 21 Perguruan Tinggi di Indonesia sebagai berikut :

  1. Institut Teknologi Kalimantan
  2. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
  3. Politeknik 17 Agustus 1945 Surabaya
  4. Politeknik Harapan Bersama Tegal
  5. Politeknik Negeri Bandung
  6. Politeknik Negeri Jakarta
  7. Politeknik Negeri Indramayu
  8. Politeknik Negeri Madiun
  9. Politeknik Negeri Semarang
  10. Politeknik Negeri Madura
  11. Politeknik Negeri Sriwijaya
  12. Politeknik TEDC Bandung
  13. Sekolah Vokasi UGM
  14. STINAS Yogyakarta
  15. Universitas TELKOM
  16. Universitas Bangka Belitung
  17. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
  18. Universitas Islam Sultan Agung
  19. Universitas Jember
  20. Universitas Sriwijaya Indralaya
  21. Universitas Udayana

Acara KMLI IX ini mendapat dukungan penuh dari segenap civitas akademika Politeknik Negeri Bandung, Badan  Koordinasi Kemahasiswaan (BAKORMA) Politeknik se-Indonesia, Kemenristek DIKTI, media relation (Semarak.news dan sebagaimana tertera diatas), dan sponsorship (PT.PLN (Persero), PT. Toyota Astra Motor, Bank BRI, C59, PT.Coca-Cola).

 

Contact Person :

Leni Pratiwi (Sekretariat KMLI IX) : 085813771055

Feni (Humas KMLI IX) : 08562381401

Email          : kmli@polban.ac.id

Website       : http://kmli.polban.ac.id/

TINGGALKAN BALASAN