Menikmati Amerika Latin Lewat LIFEs 2017

Poster LIFEs (sumber: salihara.org)

Jakarta, Semarak.News – Komunitas Salihara kembali menyelenggarakan gelaran seni budaya yang diberi tajuk LIFEs (Literature & Ideas Festival). Festival ini bentuk perhatian terhadap sastra dan gagasan. LIFEs merupakan nama dan bentuk baru bagi Bienal Sastra Salihara. Kali ini dengan judul Viva! Reborn!, festival ini lebih memfokuskan pada “Membaca Amerika Latin”.

Gelaran ini akan berpuncak pada Bulan Bahasa yaitu Oktober, dengan beberapa program pendahuluan yang telah dimulai sejak April.Tidak hanya pertunjukan seni, dalam LIFE juga diadakan berbagai kegiatan seperti lokakarya, bedah buku, diskusi, hingga nonton film. Secara garis besar dalam LIFEs kali ini Komunitas Salihara mengangkat karya-karya sastra penulis Amerika Latin yang begitu kental dengan sejarah.

Komunitas Salihara memilih Amerika Latin sebagai fokus utama karena sebagai sebagai suatu wilayah, Amerika Latin juga menjadi suatu entitas budaya. Amerika Latin menawarkan banyak gagasan penting seperti teori ketergantungan, teologi pembebasan, realisme magis dan beberapa gagasan lain. Terlebih minat pembaca Indonesia terhadap sastra dan pemikiran dari Amerika Latin boleh dibilang sangat tinggi dibanding terhadap wilayah dunia lainnya. Selain sastra dan gagasannya, Amerika Latin juga menarik untuk dikulik dari popularitas tari, musik, film dan kuliner dari kawasan ini.

Pemilihan Amerika Latin juga dirasa tepat karena apabila diperbandingkan dengan Indonesia dalam banyak hal seperti sejarah kolonialisme, pengalaman Perang Dingin, rezim militer dan demokrasi, masalah lingkungan hidup hingga perjumpaan agama Abrhamik dengan agama lokal. Begitu banyak gagasan yang bisa diperdalam melalui pertemuan Indonesia dan Amerika Latin ini.

Dengan beragam program yang ada, LIFEs menjadi salah satu gelaran yang wajib ditonton para penikmat sastra dan seni, terkhusus Amerika Latin! [DK]

Ikuti informasi lengkapnya di: http://salihara.org/programs/lifes

TINGGALKAN BALASAN