Kekhawatiran Generasi Milenial terhadap Multiversi Sejarah

Oleh : Ilwan (Demisioner Himpunan Mahasiswa Politik Universitas Bung Karno)

Masih menjadi sejarah kelam atas genosida yang pernah terjadi pada Tahun 1965 di bangsa Indonesia.

Sampai saat ini, belum menemukan titik terang atas kebenaran yang sesungguhnya.

Isu PKI masih hangat di tarik dalam opini publik sehingga sesat berpikir dan mudah menuduh yang tak bersalah di giring sebagai bagian dari PKI bila tidak sesuai dengan kepentingannya.

Memasuki Bulan September di bangsa ini mengingatkan kita kembali dengan pembantaian warga negara oleh warga negara, pembantaian karena dituding berbeda ideologi dan pembantaian karena kudeta.

Belajar sejarah mengingatkan kita akan tidak terulangnya kembali peristiwa-peristiwa yang mencekam, Seperti yang pernah di cetuskan oleh Soekarno bahwa Jangan sekali-kali melupakan sejarah “Jas Merah”.

Membahas PKI bukan membangkitkan PKI, PKI sudah lenyap di muka bumi ini, namun sejarahnya masih tertulis di tanah ibu pertiwi.

Pemutaran Film G30S/PKI, masih menjadi tanda tanya besar bagi kami yang berada di era milenial saat ini. Terdapat berbagai versi dalam sejarah terkait tragedi kelam tersebut.

Bila mana versi AD yang menjadi aktor terdepan dalam membasmi pelaku-pelakunya, maka tidak terlalu prematur bagi kami bila Pak Soeharto kami katakan sebagai Pahlawan G30S/PKI tersebut.

Dan bukankah Sukmawati Soekarno Putri sebagai anak kandung Soekarno menyatakan bahwa Soeharto sebagai dalang G30S/PKI dan menculik ketujuh Jendral ?

Dualisme perang opini terkait sejarah G30S/PKI masing-masing membenarkan kebenaranya.

Sesat berpikir terus di olah dalam opini publik bila sejarah masih terdapat berbagai banyak versi yang tidak jelas.

Kami mengapresiasi peran pemerintah untuk membuat dokumentasi khsususnya versi era milenial saat ini, namun memastikan bahwasanya melibatkan semua elemen yang merasakan langsung peristiwa tersebut baik keluarga korban, sejahrawan, dst.

Luruskan sejarah yang belum tuntas, sehingga tidak menyesatkan masyarakat dalam sejarah G30S/PKI.

 

TINGGALKAN BALASAN