Aktual UWK Surabaya dan LPKN Gelar Dialog Gebangsaan Tangkal Radikalisme

Surabaya, Semarak.News – Aktual Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya bersama dengan Lembaga Pemuda Kemandirian Nasional LPKN) menggelar dialog Kebangsaan menangkal Radikalisme yang diselenggarakan di Gedung B Lantai 3 Fakultas Kedokteran, Rabu (24/5/2017).
Dialog kebangsaan yang bertemakan  “Peran Media dalam Implementasi Nilai Rahmatan Lil Alamin dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” ini, menghadirkan tiga pembicara yaitu dosen Uinsa Moh Syaiful Bahar, redaktur Majalah Hidayatullah Bahrul Ulum dan fungsionaris fatayat NU Mutmainnah.
Menurut Mutmainnah Islam yang rahmatan lil alamin membawa kedamaian bukan hanya untuk umat Islam melainkan kepada seluruh umat manusia.  faktanya di Indonesia dengan banyak keberagaman agama, suku, ras, adat istiadat, budaya dan bahasa dapat hidup rukun. Hal ini terjadi karena bangsa Indonesia mengedepankan toleransi.
“Kalau NKRI tetap terjaga kita pasti hidup rukun, pesan inilah yang sangat perlua disampaikan di media-media massa maupun media sosial yg kita miliki” kata Mutmainah.
Isu-isu  mengenai lunturnya nilai nilai kebhinekaan  dan kebangsaan  tidak terlepas dari berita-berita hoax yang mudah  menyebar.
Bahrul Ulum mengajak para peserta untuk tidak serta merta menerima berita  begitu saja, harus selektif dan bisa memilih dan memilah. Di era digital saat ini pesan pesan seperti itu sangat mudah tersebar melalui smartphone.
“Sebagai bangsa yang cerdas kita harus menggunakan teknologi secara cerdas sehingga tidak mudah terpancing isu hoax yang beredar melalui smartphone” kata Redaktur Majalah Hidayatullah.
Sementara itu, Isetyowati Andayani, Wakil Rektor III UWK Surabaya disela kegiatan mengingatkan kembali  nilai-nilai kebangsaan dan patriotisme kepada peserta. Selain itu mengantisipasi dan menangkal masuknya faham radikal ke UWK Surabaya serta  mengajak menggunakan teknologi secara cerdas. (Chn /Ajs)

TINGGALKAN BALASAN