Berkendara dengan Safety Riding

Banyak teman-teman dari komunitas bikers berkata, “berkendaralah dengan safety riding”. Konsep safety riding mempunyai pengertian yang sangat luas yang menurut saya adalah suatu usaha untuk memaksimalkan keamanan dalam berkendara sehingga mengurangi risiko bahaya yang akan mengancam. Ya, memaksimalkan keamanan berarti kita turut menjaga nyawa kita, juga nyawa orang lain.

Safety riding telah lama menjadi program nasional yang diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Program ini sudah selayaknya didukung dan dipatuhi oleh pengendara. Kalau saya lihat, sebagian besar komunitas bikers telah mengerti dan menerapkan konsep safety riding ini. Terkadang mereka juga mensosialisasikan kepada pengendara lain dengan satu tujuan: keselamatan di jalan adalah milik bersama.

Mengingat banyaknya insiden kecelakaan lalu lintas belakangan ini, sudah selayaknya kita lebih memperhatikan hal-hal kecil dalam berkendara. Misalnya kaca spion, lampu, klakson, rem, dan perlengkapan berkendara lain seperti helm. Jangan mengubah atau memodifikasi kendaraan sesukanya karena hal tersebut sama saja dengan mendekatkan tubuhmu dengan aspal jalan. Ingatlah bahwa seorang profesor di sana telah menciptakan motor dengan perhitungan sedemikian rupa demi keselamatan penggunanya.

Polisi lalu lintas yang berdiri di pinggir jalan setiap hari bukan untuk mencari-cari kesalahan kita untuk diberi surat tilang. Coba pikirkan lagi, mereka peduli dengan mengingatkan kita akan berharganya sebuah nyawa. Nyawa kita, juga nyawa orang lain.

Kenapa sejak tadi saya menuliskan nyawa kita dan nyawa orang lain? Ya karena kita berkendara di jalan raya, bukan jalan pribadi milik mbahmu. Pemakainya bukan hanya kita seorang. Jika kita mengalami kecelakaan, kemungkinan besar juga akan berdampak pada orang lain. Benar begitu? Sekali lagi saya mengingatkan kepada pengendara yang mengerti bahwa helm dan spion tak lebih berharga dari nyawa, hati-hati dalam berkendara. Utamakan safety riding.

Penulis: Hassan, Byonic Depok

TINGGALKAN BALASAN