Tahap Akhir Perekaman e-KTP

Blanko e-KTP. Foto: [medanaktual.com]

Jakarta, Semarak.news – Penyelenggaraan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) oleh pemerintah hampir selesai. Perekaman e-KTP setidaknya telah mencapai 97,09 persen dari total penduduk yang telah memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP. Perekaman dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri. Perekaman e-KTP diharapkan dapat menjadikan pendataan penduduk Indonesia lebih efisien.

“Hasil rekapitulasi by sistem pada tanggal 4 April 2017, sebanyak 97,09 persen atau 173.030.119 penduduk yang ada di Indonesia sudah melakukan perekaman data,” kata Direktur Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh, Senin (24/4/2017).

Perekaman yang telah mendekati tahap akhir belum bisa dipatenkan sebab masih terjadi banyak kendala seperti perekaman ganda, pernikahan di bawah umur dan kedatangan WNI dari luar negeri. Bisa saja presentase perekaman berubah. Walau demikian, Zudan menilai data ganda tersebut tidak akan mengubah jumlah total perekaman secara signifikan.

“Mohon doa dari semua pihak agar semua kendala segera teratasi, sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi normal kembali dan semakin berkualitas,” ucap Zudan.

Direktur Dukcapil tersebut menambahkan bahwa kebutuhan blanko e-KTP tahubn 2017 dan 2018 telah tercukupi dengan pengadaan blanko sebanyak 25,9 juta buah.

 

 

 

 

TINGGALKAN BALASAN