Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 01 Gambir, Jakarta Pusat

Suasana Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS Gambir Jakarta Pusat, Sabtu (22/4/2017)

JAKARTA, Semarak.news – Terjadi Pengulangan Pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Gambir, Jakarta Pusat pada Pilkada DKI Jakarta putaran Kedua, Sabtu (22/4/2017).

Penyebab Pemungutan Suara Ulang (PSU) ini karena adanya pelanggaran pada pencoblosan 19 April lalu. Pada Sabtu pagi, warga sekitar Gambir mulai memadati TPS 01 tersebut.

Saksi dari kedua pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Djarot Saiful  Hidayat daN Anies Baswedan – Sandiaga Uno hadir di lokasi sebagai saksi.

Wakil ketua tim pemenangan Anies-Sandiaga, M Taufik juga turut hadir di lokasi tempat PSU digelar. Petugas keamanan dari unsur Polri, TNI dan Satpol PP berjaga untuk mengamankan proses PSU di lokasi tersebut. 629 orang yang tercatat sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS tersebut.

Pada proses Pilkada DKI putaran kedua yang lalu. Perolehan suara  Ahok-Djarot sebanyak 330 suara sedangkan pasangan Anies-Sandiaga 147 suara.

PSU dilakukan atas rekomendasi dari Bawaslu DKI Jakarta. Penyebab lain dari PSU ini karena ada lebih dari satu warga yang menggunakan formulir C6 (surat pemberitahuan memilih) milik orang lain untuk menggunakan hak pilih nya di TPS tersebut.

Jadwal untuk PSU tetap sama, yakni pukul 07.00-13.00 WIB. Pendistribusian formulir C6 untuk para pemilih di TPS 01 tersebut langsung dilakukan oleh pihak KPU setelah menerima rekomendasi dari Bawaslu, pada Jum’at yang lalu

Ternyata, bukan hanya TPS 01 Gambir yang melaksanakan PSU, TPS 19 Pondok Kelapa, Jakarta Timur juga melaksanakannya. Dan penyebab dilakukan PSU pun sama karena ada wara yang menggunakan formulir C6 milik orang lain untuk mencoblos.

(ASP)

TINGGALKAN BALASAN