Adu Pendapat Soal Reklamasi di Final Debat Pilkada DKI Jakarta

Jakarta, Semarak.news – Lanjutan debat Pilkada DKI Jakarta digelar malam tadi (Rabu, 12/4/2017) di hotel Bidakara. Debat yang diselenggarakan tadi malam tentu meninggalkan beberapa catatan menarik seperti debat-debat sebelumnya.

Yang menarik dari debat tadi malam adalah perdebatan seru antar pasangan calon mengenai reklamasi yang tak kunjung selesai.

Ahok yang diberikan kesempatan untuk menjelaskan reklamasi mengatakan reklamasi sudah tertulis dalam Kepres Nomor 52 tahun 1995. Dan oleh sebab itu, gubernur tidak memiliki kewenangan menghentikan keppres tersebut.

Ahok menambahkan bahwa reklamasi memberikan keuntungan terhadap pembangunan DKI Jakarta. “1 triliun uang yang diintestasikan dari reklamasi akan menghasilkan tenaga kerja” kata Ahok.

Selain itu Ahok menjelaskan lima persen lahan reklamasi yang dijual dapat dimanfaatkan untuk nelayan dan masyarakat. Selain itu para pengembang yang melakukan pembangunan wajib memberikan 15 persen dari nilai jual objek pajak (NJOP)

Ahok juga menjelaskan bahwa Reklamasi ikut serta dalam membangun LRT dan MRT yang sedang dikerjakan.

Dilain pihak, Anies Baswedan berpendapat Reklamasi mengakibatkan banjir rob di Jakarta. Hal ini disebabkan air-air yang mengalir ke laut akan kembali ke Jakarta akibat adanya reklamasi.  (MI)

TINGGALKAN BALASAN