Warga Jakarta Gelar Pawai Keadilan Sosial

Pawai Keadilan Sosial yang Digelar Forum Masyarakat Bersatu (cnnindonesia.com)

Jakarta, Semarak.news– Pada acara Car Free Day Jakarta hari Minggu (2/4) di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, sejumlah warga Jakarta yang tergabung dalam Forum Masyarakat Jakarta Bersatu menggelar Pawai Keadilan Sosial. Pawai ini digelar akibat adanya persoalan ketidakadilan di Indonesia yang terjadi beberapa waktu ini.

“Keadilan sosial tidak membenarkan ketimpangan yang terlalu lebar. Keadilan sosial mengharuskan negara untuk menjalankan kekuasaan secara benar, dan dengan begitu seluruh kerja negara harus bermuara pada keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Awaluddin, salah satu anggota Forum Masyarakat Jakarta Bersatu dalam keterangan tertulis.

Dalam Pawai yang digelar secara damai tersebut, peserta aksi juga membentangkan spanduk bertuliskan “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Menurut awaluddin, keadilan sosial merupakan norma dasar yang harus dijadikan pedoman dalam membangun kehidupan bersama. Tidak boleh ada warga yang diistimewakan dalam kehidupan berbangsa dan berdiri di atas hokum. Selain itu jangan sampai terjadi ketidakadilan sosial di antara warga dengan cara saling mawas diri dan mengingatkan.

Dalam pawai tersebut juga dimeriahkan dengan beragam kesenian, seperti reog, kasidah, hadrah, silat, barongsai, palang pintu, marching band, dan lain sebagainya. Kegiatan ini hendak memperlihatkan bahwa Indonesia memiliki keragaman.

Menurut Zachra, salah satu anggota Forum Masyarakat Jakarta Bersatu, bahwa keragaman merupakan nilai yang harus hadir dalam keadilan sosial. Selain itu, keragaman merupakan cermin keindonesiaan jika hadir dalam keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. [DZ]

TINGGALKAN BALASAN