Kemenhub Pastikan Revisi Peraturan Taksi Online Berlaku April Mendatang

Peraturan tentang taksi online resmi berlaku april mendatang.

Jakarta, Semarak.news– Pemerintah, dalam hal ini Kemenhub memastikan bahwa Permenhub No. 32 tahun 2016 tentang  Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek akan resmi berlaku pada 1 April mendatang. Dalam peraturan tersebut terdapat 11 poin revisi yang selama ini menjadi Tarik ulur antara penyelenggara transportasi online dengan pemerintah.

Menhub, Budi Karya menerangkan bahwa tujuan direvisinya peraturan tersebut untuk menghindari konflik antara taksi konvensional dengan taksi online yang selama ini sering terjadi.

“Keduanya harus diatur supaya ada keseimbangan. Bahkan kita harapkan ada asimilasi yg bisa memberikan kehidupan dan kecanggihan. Ini kita tetap berlakukan 1 April nanti,” kata Budi Karya setelah melakukan rapat terbatas dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menkominfo Rudiantara di Mabes Polri, Selasa lalu.

Poin-poin revisi dalam peraturan tersebut yakni soal tarif atas/bawah, pembatasan jumlah, STNK berbadan hukum, kapasitas mesin kendaraan, pengujian berkala, tempat menyimpan kendaraan (pool), bengkel, pajak, akses dashboard, dan sanksi.

“Intinya ada dinamika yg berujung kekerasan, konflik. Untuk itu kita laksanakan sosialisasi Permenhub 32 ini yang intinya agar aturan baru ini menjadi lebih tertib dan bisa selesaikan masalah ini,” kata Budi.

Selain bertujuan mencegah potensi konflik antara taksi konvensional dengan taksi online, peraturan tersebut juga berfungsi sebagai legal standing bagi keberadaan taksi online di Indonesia dan untuk menghadirkan kenyamanan dalam penggunaan taksi online sehari-harinya. [DZ]

TINGGALKAN BALASAN