Kenali Parkinson, Penyakit Degenerasi Otak

Parkinson (semarak.news)

Semarak.news – Selama ini masyarakat mengenal penyakit parkinson sebagai tremor yang diderita mantan petinju dunia, Muhammad Ali. Penyebab pasti parkinson belum diketahui. Namun, kita bisa bisa mendeteksi melalui gejala-gejala yang biasa disingkat TRAP dan gejala non-gerak.

Apa itu gejala TRAP? TRAP merupakan singkatan dari Tremor, Rigid, Akinesia, dan Postural Imbalance.

1. Tremor

Anggota tubuh penderita seperti kaki, tangan, hingga kepala bergerak secara sendiri (otomatis) ketika sedang tidak beraktivitas.Gerakan-gerakan ini biasanya diluar kesadaran penderita.

2. Rigid (kekakuan)

Otot-otot badan kaku sehingga penderita merasa pegal. Rigid juga terjadi ketika tidak bergerak.

3. Akinesia (perlambatan)

Motorik penderita parkinson seperti berjalan atau aktivitas lainnya mulai melambat.

4. Postural Imbalance

Pada stadium lanjut, penderita akan mengalami ketidakseimbangan tubuh, sehingga penderita parkinson mudah jatuh ataupun terhuyung. Untuk menstabilkannya, biasanya penderita membungkukkan badannya.

Selain TRAP penderita biiasanya mengalami gejala non-gerak seperti gangguan pola tidur, halusinasi, kepikunan, serta pada saat berbicara penderita bersuara pelan dan sulit berdialog.

Kemungkinan sembuh 100 persen pada penderita parkinson tidak ada, tetapi penderita dapat membaik dengan melakukan pengobatan pada perbaikan kondisi sehingga penderita dapat beraktivitas dengan normal.

Pengobatan parkinson di Indonesia sudah masuk jaminan BPJS. Kontrol dapat dilakukan sekali setiap bulan. Parkinson rentan menyerang orang berumur 40 tahun keatas. (COB)

TINGGALKAN BALASAN