Flu Burung Merebak di Malaysia, Utamakan Unggas Lokal

Peternakan Ayam Lokal (semarak.news/Bernard)

Jakarta, Semarak.news – Wabah flu burung (H5N1) di Kelantan, Malaysia mulai menyebar ke dua propinsi baru, Rabu (15/3). Hal ini sekaligus menjadikan 23 desa dari empat daerah yakni Kota Bharu, Pasir Mas, Bachok dan Pasir Puteh terjangkit wabah tersebut.

Adanya penyebaran virus flu burung membuat Dewan Keamanan Nasional Malaysia (MKN) memerintahkan agar semua lembaga yang ada untuk bekerjasama.

Sejauh ini, sebanyak 23.768 ekor unggas dan 881 butir telur  di 129 tempat telah dimusnahkan. Penyebaran wabah semakin serius namun hingga kini belum terdapat laporan warga yang terinfeksi virus H5N1.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum DPP Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli), Ade M Zulkarnain, mengharapkan pemerintah dan industri untuk mengutamakan penyerapan produksi unggas lokal ketimbang impor. Ia juga berharap para peternak unggas lokal agar segera mengisi kekosongan pasar.

“Diharapkan para peternak unggas lokal, khususnya bebek di dalam negeri bisa mengisi kekosongan pasar, terutama untuk kuliner premium maupun warung-warung yang khusus menyediakan sajian unggas. Kami juga mendorong swasta membangun rumah potong bebek yang higienis” ungkapnya dalam keterangan tertulis. (COB)

TINGGALKAN BALASAN