Hosni Mubarak Akan Segera Bebas

Hosni Mubarak saat masih menjabat sebagai Presiden Mesir [sumber: Hidayatullah]

Kairo, Semarak.news – Setelah menjalani kurungan penjara atas tuduhan keterlibatan dalam pembunuhan demonstran pada tahun 2011 lalu, eks Presiden Mesir Hosni Mubarak akan segera bebas.

Keputusan tersebut menurut Kuasa Hukumnyan Farid al-Deeb keluar dari Jaksa Kairo, Ibrahim Saleh, yang memutuskan Hosni Mubarak terbebas dari tuduhan keterlibatan pembunuhan demonstran pada kerusuhan tahun 2011 lalu.

“Dia kini bisa pulang ke rumah setelah dokter menyatakan kondisinya memungkinkan,” ujar Farid al-Deeb dikutip dari Kompas.

Tercatat Hosni Mubarak memimpin Mesir hampir selama 30 tahun sebelum akhirnya dijatuhkan pada tahun 2011 lalu. Setelah itu Mubarak dituduh menghasut para demonstran untuk melakukan pemberontakan terhadap polisi yang menewaskan sedikitnya 850 orang. Eks pemimpin Mesir itu dihukum seumur hidup pada tahun 2012 lalu. Namun pengadilan membebaskannya dari hukuman tersebut pada 2 Maret lalu.

Mubarak yang kini berusia 88 tahun tetap dilarang untuk bepergian ke luar negeri. Itu karena penyelidikan terkait kasus korupsi yang menyeret namanya belum selesai diungkap.

 

TINGGALKAN BALASAN