Tahukah Kamu, Dulu Orang Papua dan Aborigin Hidup Berdampingan

Suku Aborigin. [Foto: apa kabar dunia]

Jakarta, Semarak.news – Sebuah penelitian yang dilakukan Profesor David Lambert dari Australia dengan Willandra Lakes Elders menujukkan bahwa pada zaman dahulu orang Papua dan Aborigin sempat hidup berdampingan.

Kedua kelompok masyarakat ini memiliki kedekatan yang sangat erat. Dari 83 orang Aborigin dan 25 orang Papua, diperoleh kesimpulan bahwa mereka berpisah secara genom sejak 37.000 tahun lalu.

Dilansir dari Antara, dalam kuliah umum bertajuk Ancient and Contemporary Indigenous Genomics of Australia di Auditorium Sitoplasma Lembaga Eijkman, Jakarta, Rabu (8/3), Profesor Lambert mengatakan bahwa 37.000 tahun lalu merupakan masa yang sangat pentng bagi orang Aborigin dan orang Papua saat hidup bersama.

Lebih jauh lagi, orang Aborigin dan Papua merupakan satu nenek moyang yang berasal dari Afrika. Mereka bermigrasi sekitar 72.000 tahun lalu.

“Hasil penelitian Profesor Lambert memang penting. Saya pun baru mengetahui jika ternyata secara genom orang Papua sudah berpisah dengan Aborogin sejak 37.000 tahun lalu.” Tutur Deputi Direktur Bidang Penelitian Fundemental Lembaga Eijkman Herawati Sudoyo. (SAM)

TINGGALKAN BALASAN