Essien dan Sederet Pemain Bintang Dunia yang Berkiprah di Indonesia

Ivan Bosjnak saat diperkenalkan menjadi pemain Persija Jakarta [sumber: kompas]

Semarak.news – Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi merupakan pemain bintang internasional. Keduanya bermain di kasta tertinggi sepakbola Spanyol. Mereka berdua juga sepertinya belum ada tanda – tanda akan meninggalkan klub yang sekarang mereka bela. Namun ada sederet pemain bintang dunia yang berkiprah di Indonesia karena ingin mengakhiri karir di daratan Asia.

1. Roger Mila
Roger Mila merupakan pemain berpaspor Kamerun yang pernah bermain di Liga Indonesia. Puncak karirnya adalah saat dirinya membela klub Liga Prancis Montpellier. Kemudian Mila juga merupakan pemain langganan Timnas Kamerun di berbagai kompetisi.

2. Mario Kempes
Mario Kempes merupakan pemain asli warga negara Argentina kelahiran 1954. Mario merumput di Indonesia bersama Pelita Krakatau Steel. Jabatan yang diembannya yaitu pemain sekaligus merangkap sebagai pelatih klub tersebut.

3. Amaral
Amaral mungkin terdengar cukup asing di telinga para pecinta bola tanah air, tapi tidak bagi pendukung bajul ijo. Amaral merupakan pemain timanas Brazil era 90-an yang kemudian bergabung dengan Manado united dan juga Persebaya 1928 yang berlaga di ajang Liga Primer Indonesia.

4. Pierre Njanka
Tidak ada yang mengira bahwa Pierre Njanka adalah pemain Timnas Kamerun. Kiprah Njanka berama Timnas Kamerun diawali pada tahun 90-an hingga 2000-an awal. Njanka tercatat pernah membela Timnas Kamerun pada tahun 1998 dan 2002.

5. Luc Owana Zola
Pemain ini juga mungkin agak asing bagi warga pecinta liga Indonesia. Luc Zola tidak memiliki hubungan apapun dengan Gianfranco Zola namun pemain ini juga dapat dianggap sebagai bintang yang berkiprah di Indonesia. Klub Eropa yang pernah dibela Luc diantaranya, Anzhi Makachkala dan Spartak Moskow.

6. Ivan Bosjnak
Pemain berdarah Kroasia ini mencapai puncak karir saat membela Timnas Kroasia di ajang Piala Dunia 2006. Bosjnak digadang – gadang oleh publik Persija sebagai kreator serangan terbaik yang dimiliki Persija. Pelatih saat itu Ferry Palus pun sesumbar dengan rekrutan anyarnya tersebut bakal menjadi pengganti sepadan bagi Bambang Pamungkas yang saat itu memilih hengkang dari Persija Jakarta.

Itulah deretan pemain bintang yang pernah merumput di Indonesia dengan sederet prestasi yang gemilang. Jadi sebelum Essien datang ke Indonesia, sudah ada pemain – pemain hebat yang merumput di Indonesia.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN