Ri Jong Chol akan Dideportasi menuju Korea Utara

sumber: freemalaysiatoday.com

Malaysia, Semarak.news – Ri Jong Chol akan dideportasi pihak berwajib Malaysia. Terduga pelaku pembunuhan saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un direncanakan akan meninggalkan Kuala Lumpur pada Jumat (3/3) ini.

Kim Jong Nam terbunuh setelah terdapat dua orang wanita yang diduga menyemprotkan cairan VX ke wajahnya. Cairan kimia tersebut termasuk kedalam weapon of mass destruction menurut PBB.

“Saya sangat mengutuk penggunaan cairan kimia dimanapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun. Terlebih apabila digunakan di tempat umum, hal tersebut akan membahayakan keamanan publik”, terang Menteri Luar Negeri Malaysia dikutip dari Reuters.

Menlu Malaysia saat ini sedang melakukan pembicaraan serius dengan Organization for the Prohibition of Chemical Weapon (OPCW), terkait insiden tersebut.

“Malaysia tidak pernah membuat, menimbun, mengekspor ataupun mengimpor, serta menggunakan satupun cairan racun termasuk VX, dan Malaysia telah membuat deklarasi dengan OPWC terkait hal tersebut’ lanjut Menteri tersebut.

Malaysia dan Korea Utara sedang membangun hubungan yang harmonis dalam satu dekade terakhir ini namun harus tercoreng akibat kejadian racun VX di bandara pada 13 Februari 2017 lalu.

Duta Besar Korea Utara untuk Malaysia mengatakan bahwa hasil investigasi oleh pihak Kepolisian Malaysia terkait kasus ini tidak dapat dipercaya. Korea Utara tidak bisa menerima bahwa yang menjadi korban adalah Kim Jong Nam. Rakyat Korea Utara akan sakit hati apabila mendengar hal tersebut.

Badan Intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan bahwa pembunuh merupakan anggota dari Organisasi Pembunuh buatan Agen Intelijen Korea Utara, walaupun yang diduga menjadi pelaku terkait pembunuhan tersebut sejauh ini hanya dua orang wanita berpaspor Indonesia dan Vietnam. [RP/Reuters]

 

TINGGALKAN BALASAN