Pertumbuhan Ekonomi China Tercatat Sebesar 6,7 Persen pada 2016

Cina mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 6,7% pada 2016 [Sumber : Kompas.com]

Beijing, Semarak.news – Berdasarkan data resmi pemerintah, China membukukan pertumbuhan ekonomi mencapai 6,7 persen pada tahun 2016. Capaian ini lebih banyak didukung oleh stimulus pemerintah. Angka tersebut pun melambat dibandingkan realisasi tahun 2015 yang mencapai 6,9 persen. Namun, capaian itu berada di titik tengah target pemerintah dan lebih kuat dibandingkan prediksi banyak pihak. Untuk kuartal IV 2016, pertumbuhan ekonomi China mencapai 6,8 persen, sedikit lebih pesat dibandingkan angka yang diprediksi para ekonom, yakni 6,7 persen.

Pada tahun 2016, pemerintah China telah menggelontorkan rangkaian stimulus untuk menggenjot ekonomi agar tetap tumbuh. Hasilnya investasi pemerintah di sektor infrastruktur melonjak tinggi dan pembiayaan perbankan juga tetap meningkat meski ada peringatan berulang kali tentang tingginya level utang korporasi yang kian mengkhawatirkan.

Menurut para ekonom, pendekatan yang dilakukan semacam itu tidak bisa terus berlanjut. Pertumbuhan ekonomi China bisa menyentuh 6,5 persen pada tahun 2018 mendatang. Mereka juga mempertanyakan akurasi data pertumbuhan ekonomi China yang mencapai 6,8 persen selama tiga kuartal berturut-turut. Kredibilitas data juga telah terpukul pada pekan lalu ketika gubernur salah satu provinsi utama industri China mengaku para pejabat di sana salah mencantumkan data ekonomi selama bertahun-tahun.

Ditanya tentang kasus itu, Kepala Badan Statistik Nasional China Ning Jizhe menyatakan, China memperkuat praktik pelaporan datanya. Para ahli menyatakan China memerlukan reformasi pada bagian-bagian penting perekonomiannya. Salah satu upaya yang bisa ditempuh adalah dengan pembenahan perusahaan-perusahaan milik negara yang masif namun tidak efisien.

TINGGALKAN BALASAN