Kekuatan Ekonomi, Faktor Pembentuk Negara Ini

Ekonomi Indonesia [Sumber : Tribunnews.com]

Jakarta, Semarak.news – Kondisi ekonomi yang optimal dapat mendukung terciptanya kekuatan suatu negara selain kekuatan militer.
Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini ada pada posisi 5,02 persen. Angka ini memang terbilang cukup memuaskan di saat kondisi ekonomi dunia yang sedang lesu. Tapi dibanding dengan negara lain seperti Malaysia, Jepang, Rusia, Brazil, Meksiko, Indonesia jauh lebih baik.
Meskipun begitu telah terjadi penurunan di pengangguran dan kemiskinan. Pengangguran di Indonesia terus menurun meski angkanya tidak besar, yakni 0,31 persen. Tak berbeda dengan angka kemiskinan yang turun 0,36 persen. Hal ini menjadi bukti kinerja pemerintah Jokowi untuk menciptakan bangsa yang maju dalam bidang ekonomi nya, dan menjadi kan Indonesia jauh lebih kuat.
“Tantangan pengangguran, tantangan kemiskinan, tantangan kesenjangan dan ketimpangan. Yang sekarang ini baru dalam proses kita siapkan adalah sebuah kebijakan ekonomi Pancasila, sebuah kebijakan ekonomi gotong royong yang sebentar lagi kita sampaikan pada rakyat,” jelas Jokowi.
Ekonomi Pancasila ini nantinya akan berbasis pemerataan dan memberikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena pertumbuhan ekonomi tinggi akan sia-sia bila tidak dinikmati seluruh rakyat.
“Intinya adalah ekonomi yang berkeadilan, intinya adalah ekonomi yang ada pemeratannya. Percuma pertumbuhan ekonimi tinggi tapi apabila tidak merata dan hanya dinikmat segelintir orang ini adalah hal yang sangat percuma,” pungkas tegas Jokowi. (GIS)

TINGGALKAN BALASAN